Senin, 23 September 2013

Manis Pahit Brownies Kopi

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu'alaikum..

Apa kabar? ^^ Semoga sehat selalu ya.. Alhamdulillaah sempat posting tulisan lagi. Kali ini brownies kopi. Bikinnya udah lama sekaliiii.. H-2 Idul Fitri 2013. Barangkali belakangan ini saya bakal sering posting resep yang udah lama saya coba namun belum sempat diposting resepnya. Saya belum sempat eksperimen di dapur emak tercintah nih, maklum yang punya blog mahasiswa tingkat akhir yang kece abis tapi penelitiannya belum kelar2, hihi.. :p Mohon do'anya ya.. biar saya segera seminar, trus sidang meja hijau (kalau sekarang istilahnya "ujian komprehensif") trus diwisuda deh. Aamiiinn... :)

Kembali ke brownies kopi, kapan hari ya saya pernah nyicip brownies rasa kopi, saya lupa, kayaknya sih di seminar gitu lah, isi snack box nya, hehe.. Saya langsung suka karena saya suka kopi. Wangiii.. trus rasanya emang enak meskipun ada rasa pahit khas kopi, browniesnya gak perlu dikunyah cukup saya emut2 aja karena kalo saya kunyah gigi saya bakal coklat2 deh... haha.. :D



Sebenernya waktu itu saya ngerasa pengen lagi *rakus* trus saya liat temen saya di sebelah browniesnya masih utuh, sebelum saya mangap buat bilang "boleh barter browniesnya sama risolku gak?", tangan dia bergerak dengan cepat ke snack box nya dan meluncurlah tu brownies ke mulutnya dengan sukses. Oke fine, saya pun langsung mingkem. Haha.. Sayangnya, snack box nya gak punya merek, kayaknya sih itu pesan sama orang gitu, bukan di cake shop jadinya saya gak tau musti dapetin brownies itu dimanaaaa... ><

Nah, awal Juli yang lalu saya dapat oleh-oleh dari adik kelas di kampus yang baru pulang kampung ke rumahnya di Dairi, Sidikalang. Sidikalang ini terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Sumatera Utara. Alhamdulillaah... Saya diberi sekotak kopi asli Sidikalang. Aromanyaaaa Broooooo... Mantap kali bah....!!! (keluar logat bataknya :p) Wangiiiii... Emak sama bapak saya aja hepi bukan main ketika dapet oleh2 dari si Najmi ini (nama adik kelas saya). Langsung deh, ba'da maghrib kita ngopi berjama'ah. Yang jadi imamnya si Bapak (hush..! apaan sih?! ngaco..! haha). Kelar ngopi baru deh sekeluarga pada keliyengan. Kafeinnya tinggi. Haha.. jadi inget kopi dari Aceh juga punya kadar kafein tinggi. Berhubung bulan Juli bertepatan sama Ramadhan 1434 H, acara ngopi berjama'ahnya gak dilanjutin karena kita bertiga (bapak, emak, dan saya) punya masalah sama lambung. Sebagian kopi ditransfer ke tetangga, tapi masih ada setengah kotak lagi, masih cari momen buat ngabisinnya.

Saya baru ingat, kenapa gak coba buat brownies kopi aja. Saya googling dan ketemu resep brownies cappucinonya Mbak Hesti. Kata beliau ini brownies favorit suaminya. Yauda deh, saya coba bikin dengan sedikit modifikasi resep (saya bikin setengah resep). Yang mau coba, ini resepnya yaa.. :D


diedit abis-abisan, motretnya jelang maghrib

Brownies Kopi
Sumber: Hesti's Kitchen dengan sedikit modifikasi

Bahan:
  • 100 gr salted butter
  • 100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 sdm bubuk kopi sidikalang seduh dengan 50 mL air panas
  • 125 gr gula pasir
  • 85 gr tepung protein sedang
  • 15 gr coklat bubuk
  • 50 gr kacang tanah sangrai, cincang kasar
Cara Membuat:
  1. Lelehkan butter dan DCC dengan cara ditim. Dinginkan.
  2. Campur dengan seduhan kopi yang telah disaring. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula, dan vanili cukup sampai gula larut.
  4. Masukkan campuran coklat leleh, aduk asal rata.
  5. Tambahkan tepung dan coklat bubuk yang telah diayak. Aduk sampai rata.
  6. Campur sebagian kacang tanah cincang.
  7. Tuang ke loyang yang telah dioles margarin. Taburi sisa kacang sangrai. Panggang sampai matang (saya panggang selama satu jam karena menggunakan loyang loaf. Salah loyang, hehe..).


vintage style.. jadi inget kak Yo yang demen sama vintage :3

Saat dipanggang, aromanya enak banget. Browniesnya saya coba saat buka puasa. Alhamdulillaah rasanya enak, mirip seperti brownies kopi yang ada di snack box. Tekstur dense nya bikin saya ketagihan. Selebihnya brownies ini dibawa emak ke kampung nenek dan dimakan sama sepupu-sepupu saya. Hmm.. Itu aja deh. Semoga berkenan mencoba ^^
Wassalaamu'alaikum..


Mdn, 22.09.13


_miyukotaque_

11 komentar:

  1. waahh, di rumah ada kakak saya yang suka bikin kue juga. jadi rindu rumah >.<
    boleh dicoba ya resepnya. ntar kalo pulang kakakku tak minta buatin resepnya mbak ayu. hhihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. boleh boleh.. silakan dicoba resepnya mbak :D

      Hapus
  2. pernah bikin brownies ini, tapi pake kopi intsan, kayaknya kalo yang ini lebih nendang aromanya..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Teh.. wangiiii.. ^^ lebih pahit lagi *selera yang aneh*

      Hapus
  3. memang enak kalo brownies pake kopi item. Aromanya itu lho yang wangi.

    BalasHapus
  4. wow.....mauuuuuuuuuu....kirim dong ke dumai,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak aja deh yang ke Medan, sekalian masakin ayuk jjampong ituuu :q

      Hapus
  5. Balasan
    1. lah kalo seloyang namanya bukan nyicip bun.. hahaha.. xD

      Hapus
  6. istimewa sekali, kapan2 dianterin deh haha kunjungi irsyad-22.blogspot.com, salam kenal

    BalasHapus