Senin, 30 September 2013

Fermented Cassava Fritters a.k.a Tape Singkong Goreng :p

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu'alaikum.

Ini salah satu snack favorit di rumah, namanya sok bule padahal sih tape singkong goreng, hihi.. Cara bikinnya mudah dan cepat. Saya lihat di blognya Mbak Rina Dapur Manis dengan judul Bola Tape Bersalju. Penampakannya cantik, bulet2 kayak bola. Lah punya saya bentuknya abstrak, hihi.. :p Yang ini sih foto lama, tapi serius loh, saya sering bikinnya karena enak hanya saja malas fotonya. hehe.. Kalau versi Mbak Rina setelah digoreng ditaburi gula bubuk jadi disebut "bersalju", sedangkan versi saya dikasih topping coklat dan taburan keju cheddar parut. Dimakan tanpa topping juga enak kok. Emak saya malah suka yang original, haha.. :D Oke, ini dia resepnya.



Fermented Cassava Fritters (eleuh... meuni gaya pisan namina :p)
Sumber: Dapur Manis

Bahan:
  • 300 gram tape singkong
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder (saya gak pake)
  • 1 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml susu cair (saya pake satu sachet susu kental manis dicairkan dengan 100 ml air hangat)
Cara Membuat:
  1. Buang serat tape, haluskan dengan menggunakan garpu.
  2. Campur dengan terigu, gula, garam, telur, kocok dengan balloon whisker hingga tercampur.
  3. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kental.
  4. Panaskan minyak lalu goreng adonan, ambil adonan dengan menggunakan sendok.
  5. Setelah matang dapat langsung disajikan atau diberi tambahan topping sesuka Anda.

tape goreng yang dibuat baru2 ini

Selamat mencoba ^_^
Wassalaamu'alaikum..


Mdn, 30.09.13

_miyukotaque_

8 komentar:

  1. aw...aw.....
    udh lama ng bikin bola2 tape ini yukkk....
    besok pagi cari tape ah..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dapet belum tapenya? hihi.. ayo dibuaaatt.. :D

      Hapus
  2. hahahaaaa...baca kalimat pengantarnya geli deh....
    kok gak kepikiran sih bola tape dikasi coklat keju gitu. Pinter deh Ayu...

    BalasHapus
  3. Pagi-pagi jadi laper yu :9
    asik ni foodblogger, masak susah gak sih yu?? soalnya dari beberapa pengalamanku ujung2nya berakhir tragis,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Dikunjungi balik, alhamdulillaah.. Makasi mas ery. Saya malu blognya udah lama gak diupdate. Hihi..
      Saya juga baru belajar masak mas, kalo suka masak dan bikin kue insyaAllaah lama2 jd terbiasa. Karena saya masih pemula jd masak dan bikin kuenya yg mudah2 dulu. Hihi.. :3 ayo masak :D

      Hapus
    2. Aku bagian yang nyicip aja deh ya :p
      Aku bisa masak kok, mie instannn :D

      Hapus
    3. lah, kepiye carane arek nyicip tho le...? :p

      Hapus