Senin, 07 Oktober 2013

Kue Mangkok Ubi Ungu: Dari Mbak Hesti Turun ke Hati ^^

Bismillaaahirrohmaanirrohiim

Assalaamu'alaikum..

Selasa yang lalu (1 Oktober) emak saya membeli sekilo ubi ungu. Waah.. saya hepi, pasalnya di daerah rumah saya ini agak sulit untuk dapetin ubi ungu. Jarang-jarang gitu... Saya langsung kebayang ubi ungu ini akan diolah jadi apa aja. Pertama, ubi ungu ini bakal saya olah jadi kue mangkok ubi ungu dan kedua sepertinya akan saya olah jadi katiri mandi ubi ungu. Rujukan resepnya dari blog Mbak Hesti.

Nah, kenapa judulnya "Dari Mbak Hesti Turun ke Hati"? Dari blog Mbak Hesti inilah saya jadi makin suka sama aktivitas eksperimen di dapur alias masak, jadi makin cinta sama fotografi dan jadi "ikut-ikutan" nulis resep di blog. Saya ingat, resep brownies kukus Nyonya Liem lah yang pertama kali saya catat di buku resep dan langsung saya praktikkan. Bermula dari seorang kerabat yang datang ke rumah dan membawakan kami beberapa potong brownies, browniesnya enak banget menurut saya, bisa disejajarkan sama brownies Amanda yang well-known itu. Saya minta resepnya dia bilang, "coba cari di internet namanya brownies kukus nyonya liem, anti gagal deh pokoknya". Saya yang emang dari kecil suka sama kegiatan "eksperimen" di dapur pun langsung googling. Ketemu..! dan  resepnya itu ketemu di blognya Mbak Hesti, Yummy for Your Tummy. Wuuiiiih... Kontan saya jatuh cinta sama blognya. Foto-fotonya keren, resep-resepnya asik, dan yang mengejutkan foto-foto itu adalah jepretan seorang ibu rumah tangga. Saya yang mahasiswa ilmu komunikasi dan dapat mata kuliah fotografi enam SKS aja fotonya masih biasa banget... *minder*

Dari blog Mbak Hesti juga saya jadi dapat kenalan baru di dunia maya. Ada Mbak Mimie, Mbak Rina, Ummu Fatima, Mbak Analisa, Teh Ayu, Bunda Lina, Mbak Erika, Mbak Yulyan, dll. Meskipun mereka jauuuuhh lebih senior dari saya dalam banyak hal (usia serta pengalaman di dapur dan di blog), mereka tidak pernah pelit berbagi ilmu dan selalu ramah. Blog mereka juga keren..! :D Resep-resep di blog mereka udah banyak yang saya bookmark dan menunggu untuk "dieksekusi". Semoga silaturrahiim kita tetap terjaga ya.. ^_^

Ngobrolnya udah dulu deh, hihi... Sekarang kita langsung lihat aja resep kue mangkok ubi ungunya :D




Kue Mangkok Ubi Ungu

Bahan Biang:
  • 60 gr tepung terigu protein rendah (saya pakai protein sedang)
  • 11 gr (1 sachet) ragi instan
  • 110 ml air
Bahan:
  • 390 gr ubi ungu kukus yang sudah halus (saya pakai 400 gram, nanggung amat di resep, hihi..)
  • 300 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 butir telur
  • 380 gr tepung terigu
  • 300 ml santan hangat
Cara Membuat:
  1. Bahan biang: campur semua bahan, aduk rata, diamkan 30 menit.
  2. Campur ubi ungu, gula, dan garam, remas-remas hingga gula hancur.
  3. Masukkan telur satu per satu, aduk-aduk dengan tangan.
  4. Masukkan adonan biang, aduk rata.
  5. Ayakkan tepung ke adonan berselang seling dengan santan hingga habis sambil diaduk.
  6. Fermentasikan 30 menit.
  7. Kukus dengan cucing tanpa dioles minyak dengan api besar selama 15-20 menit. 




Hasil akhirnya, ada beberapa adonan yang merekah cantik dan selebihnya cuma retak-retak. Saya gak ngerti sih salahnya dimana. Setiap kukusan dibuka, misalnya dari enam kue ada empat yang mekar dua yang retak-retak saja. Tapi alhamdulillaah hasilnya enak. Puas. Bisa bagi-bagi ke tetangga, sodara, sama murid les. Hihi..
Selamat mencoba..! Wassalaamu'alaikum.. ^_^


Mdn, 07.10.13

_miyukotaque_

15 komentar:

  1. wiiih kereeen bangeeeettt kue nya...tjakeeeup!
    jadi kapan lulus nih? hihihi*pangalamanku paling sebel kalo ditanya2 soal kelulusan :D

    aku mah suka mati gaya kalo bikin kue tradisional kayak gini... takut gagal xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan sensitif bagi mahasiswa tingkat akhir tuh.. "kapan lulus?" hihi.. Targetnya sih wisuda november ini Teh tapi kayaknya diundur deh.. :'( *mewek*
      Ah si Teteh mah merendah. Pasti bisalah.. :D

      Hapus
  2. wahh,,, suka deh warnanyaaa... hum, ngiler liatnya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mbak.. Saya jg naksir
      :3
      Kalo ada waktu monggo dicoba di dapur :D

      Hapus
  3. pantesan kupingku berasa gatel, ternyata dirasani to, hihi...
    warna kue mangkoknya cakep banget tuh. Ungunya keliatan gitu.padahal gak pake pewarna ya ?

    BalasHapus
  4. eh iya kalo hasilnya kurang merekah ada beberapa penyebabnya :
    1. bahan pengembang kualitasnya kurang maksimal
    2. kue yang antri ditaruh dekat kompor/tempat hangat sehingga over fermentasi
    3. kebanyakan masuk kukusan. Kalo ngukus jangan terlalu banyak supaya sirkulasi udara panas tetap terjaga. Aku kalo bikin kue yang mekrok, kukusan diameter 30 cm cuma isi 6-7 buah. Insya Allah bisa ngakak tuh kue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Mbak Rina radarnya kuat ya sampe tau dirasani. Hehe..
      Iya ubinya ungu banget Mbak, tanpa pewarna hasilnya udah maksimal (warnanya). Nah, kayaknya alasan yg kedua deh Mbak yg bikin sebagian kue gak mekar. Makasi atas analisisnya yo Mbak.. :D

      Hapus
  5. cakeppppp....
    pertanyaannya...krn pake telur... amis ng yu... ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. maacii.. :D enggak mbak, sama sekali gak amis :)

      Hapus
  6. duuuhhh... pantesan ini kuping ngang nging ngeng mulu ya, ada yang menyebut2 dirikyuh ternyatah....
    hehehe...

    itu ungunya manggil banget deh... sayang di pasar jarang ada ubi ungu... oleh karena itu, setelah menimbang, mengingat dan akhirnya saya memutuskan untuk minta aja ke Ayu...

    hahaha.... boleh yaaa....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bun komennya baru tak bales. Udah lama gak pantengin blog. Hihi.. Iya d sini ubi ungu yg ungu banget jg jarang. Syukurnya tu kue udah abis dr jauh2 hari.. Hwehehe.. :p

      Hapus
  7. Mari kembangkan sektor pariwisata daerah untuk kemajuan kita bersama
    Ayo wisata liburan bersama keluarga, dengan mengikuti paket wisata karimun jawa kita yang termasuk biro wisata karimun jawa berpengalaman karena memberikan paket karimun jawa murah, ada paket backpacker karimunjawa, paket karimunjawa tour 4 hari 3 malam, paket karimunjawa 3 hari 2 malam, dan paket murah karimun jawa 2 hari 1 malam, atau bisa juga cek harga paket hotel karimun jawa. paket karimun jawa kami sangat memuaskan dan berkesan, info tour keberangkatan jadwal kapal ke karimunjava island lebih lanjut bisa menghubungi www.karimunjawakita.com,

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Enak banget tuh kue mangkok ubi ungu akqu kebetulan sering bikin

    BalasHapus
  10. Enak banget tuh kue mangkok ubi ungu akqu kebetulan sering bikin

    BalasHapus