Rabu, 02 April 2014

Brownies Singkong Kukus

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Desember 2013, saya diajak oleh seorang teman untuk ikut lomba masak dengan bahan dasar singkong. Rencananya kami akan satu tim. Kami mulai sibuk mencari resep apa yang paling tepat untuk dilombakan. Ada beberapa opsi dan salah satunya adalah brownies singkong ini. H-2 lomba masak teman saya mengabarkan bahwa tim kami tidak bisa ikut karena lomba ini diperuntukkan bagi ibu-ibu perwiridan. Hehe... kami yang notabene masih gadis dan tidak ikut wirid pun batal berpartisipasi. Demi mengurangi rasa kecewa saya pun mencoba sendiri resep ini. Hasilnya enak sekaliiiii... serius..! *mata melotot* hihi..

Seperti brownies kukus pada umumnya, brownies ini moist dan nyoklat banget karena penggunaan coklat leleh yang saya tambah. Rasa singkongnya pun sama sekali tidak terasa karena jumlahnya yang memang sedikit. Kalau saya tidak menyebut bahwa ini brownies singkong barangkali keluarga (uwak dan sepupu) yang ikut menikmati mengira ini brownies biasa yang lazim saya buat ^_^ Ah ya, ntah kenapa selama saya kerja mood saya untuk motret tidak pernah bagus :( kebanyakan asal motret saja bahkan beberapa masakan hasil uji coba tidak saya abadikan. Ke pada Mbak Mimie, saya mohon maaf kalau sendok yang sama-sama kita beli di Jogja (caelah kayak pernah barengan ke sana aja, hihi.. :p) belum sempat tayang karena masih bingung buat dipajang bareng masakan apa, haha...




Oke ini resep brownies singkong yang patut dicoba :D

Brownies Singkong

Sumber: Sajian Sedap

Bahan:
  • 250 gr singkong, parut, lalu peras
  • 150 gr Dark Cooking Chocolate
  • 100 gr margarin
  • 4 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 80 gr terigu protein sedang
  • 20 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sachet susu kental manis coklat
Cara Membuat:
  1. Tim coklat dan margarin, sisihkan.
  2. Kocok telur, gula, dan vanili hingga putih berjejak (soft peak)
  3. Ayak terigu dan coklat bubuk di atas kocokan telur, aduk balik
  4. Tuangkan lelehan coklat, aduk
  5. Tambahkan parutan singkong, aduk rata.
  6. Ambil dua sendok sayur adonan lalu campur dengan setengah sachet susu kental manis
  7. Bagi dua adonan, tuang ke loyang brownies yang telah dioles margarin
  8. Kukus adonan selama sepuluh menit menggunakan kukusan yang beruap banyak
  9. Tuangkan adonan yang telah dicampur dengan susu kental manis, kukus lima menit
  10. Terakhir tuang adonan sisa dan kukus selama 30 menit.
Simpel kan? Rasanya juga enak :D Selamat mencobaaaa...

Mdn, 020414

1 komentar:

  1. Assalamualaikum mbaak ini yg di gunakan bisa ga klo air perasan singkong? Bukan parutannya. Terimakasih ^^

    BalasHapus