Selasa, 17 September 2013

Cerita Tentang Roti: Coffee Cream Bun, Caterpillar Bread, Cheese & Chocolate Bread and Bread Floss

Bismillaahirrohmaanirrohiim..
Assalaamu'alaikum.

Setelah kemarin siang tulisan tentang rerotian ini sempat ter-pending, sekarang saya sempatkan posting deh, ngikutin anjurannya Mbak Rina yang dapurnya selalu manis. Hihi.. Apa coba maksudnya? :p

Judulnya keren yah, rame lagi, padahal kekerenan judul itu tidak sebanding dengan penampakan rotinya. Haha.. :D #ketawa miris. Teman-teman saya para food blogger udah bolak-balik posting resep roti andalan mereka dengan bentuk roti yang oke pula pastinya. Now, it's my turn to post it! #sok oke

Pertama kali saya buat roti itu tahun lalu, tepatnya 17 November 2012. Saya buat roti dalam rangka "pamer" sama nenek saya yang saat itu berkunjung ke rumah. Jadi saya sok-sok'an unjuk gigi gitu serasa udah jago masak dan bikin kue, padahal masih amatiran bangeeett. Haha.. :D Adonan roti saya yang pertama itu "ngintip" di blognya Mbak Hesti. Di blognya proses pembuatan menggunakan metode water roux / tanzhong. Trus saya baca beberapa artikel dan review tentang proses pembuatan roti yang lain. Ada tulisan yang menyebutkan bahwa mencampur ragi dengan air hangat dapat menghilangkan bau khas ragi, kalau saya tidak salah ini dinamakan metode hidesuki ya..

Nah, karena saya amatiran yang sok tau dan sok oke, jadi saya mix lah kedua metode itu, alhasil adonan saya lembeeeekk banget, susah kalisnya, padahal udah bolak-balik saya tambahin terigu tapi tetap aja lembek dan lengket :( Emak pun ikut turun tangan nguleni tapi adonan masih saja lengket. Analisis emak sih mungkin karena kebanyakan air. Menurut saya analisis ini ada benarnya karena baik metode water roux dan hidesuki sama-sama membutuhkan air dalam prosesnya jadi satu resep menggunakan dua kali lipat air meskipun jumlahnya sudah saya kurangi.

Saat itu saya membuat dua jenis roti, coffee cream bun dan caterpillar bread. Untuk resep krim kopinya bisa dilihat di sini ya.. ^_^ Resep adonan rotinya juga bisa dilihat di laman tersebut. Ada beberapa hikmah yang dapat saya ambil dari proses pembuatan roti yang pertama ini:
  1. Patuhi resep! terutama yang pemula dan pertama kali membuat roti. Pilih resep yang pas dan perlakukan bahan sesuai SOP nya, hihi.. Kalau sudah jago boleh deh improvisasi.
  2. Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Jangan langsung terburu-buru menambahkan tepung atau apapun, uleni saja dahulu.


kata nenek saya, coffee cream bread ini kalau dijual harganya Rp 8000,00 haha.. :D



nah, begini nih teksturenya

Oya, caterpillar bread saya juga bentuknya aneh, hihi.. Apalagi saya mengoleskan kuning telur sedikit sekali di permukaan roti sehingga permukaannya pucat. Meskipun terhitung gagal namun hasil rotinya cukup memuaskan, lembuuutt.. Saya cukup bangga *hidung kembang kempis*. Sayangnya, setelah beberapa jam rotinya cenderung alot :(

bentuk caterpillar bread yang aneh... tapi ini mendingan sih daripada caterpillar bread saya baru-baru ini

Momen kedua saya buat roti adalah 5 Maret 2013. Roti itu saya buat sebagai bekal untuk Partner In Virtue (PIV) yang mau pulang ke rumah orang tuanya di luar Sumatera Utara. Masih dengan metode water roux tapi kali ini adonannya gagal. :'( Padahal saya tidak memodifikasi resepnya. Tapi ya itu tadi, saya melupakan hikmah membuat roti poin kedua di atas. Saya terlalu banyak menambahkan tepung ke adonan sehingga adonan jadi keras. Saat itu saya membuat caterpillar bread dan roti isi coklat biasa. Sayang tidak sempat saya foto. Namun yang namanya sahabat tetap saja membesarkan hati saya dengan menyebut roti yang saya buat rasanya mantap. hehe..

Ketiga kalinya saya membuat roti beberapa hari yang lalu, 11 September 2013. Dalam rangka menghabiskan stok ragi setengah sachet. Kali ini saya beralih ke resep adonan roti dari NCC. Saya lihat di blognya my best cyber sister, Mbak Mimie. Berikut resepnya:

Adonan Dasar Roti (saya buat setengah resep)
Sumber: Soft Bread NCC via Mbak Mimie

Bahan:
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram gula halus
  • 1/2 sachet (6 gram) ragi instan
  • 100 ml air dingin
  • 2 butir kuning telur, kocok sebentar
  • 50 gram margarin
  • 1/4 sdt garam halus

Cara Membuat:
  1.  Campur tepung, gula, dan ragi, aduk rata.
  2. Tambahkan kuning telur dan air dingin sedikit demi sedikit. Uleni hingga setengah kalis. Pindah menguleni adonan ke meja dapur.
  3. Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga adonan kalis. Tanda adonan kalis adalah tidak lengket di wadah/meja dan di tangan serta jika ditarik adonan terasa elastis.
  4. Bulatkan adonan, letakkan dalam wadah, tutupi dengan serbet dan diamkan selama 45 - 60 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Setelah mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan, bagi menjadi delapan buah (kurang lebih 40 - 50 gram).
  6. Bentuk adonan sesuai yang diinginkan. Saya membuat caterpillar bread dua buah, roti isi coklat keju dua buah, dan sisanya akan saya buat bread floss.
  7. Setelah dibentuk, letakkan di loyang yang telah disemir margarin, diamkan 15 menit.
  8. Panggang roti menggunakan oven yang telah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 - 20 menit.

masih mentah, ini untuk bread floss, ukurannya gak kompak ya.. hehe





nah ini yang udah dipanggang :D





caterpillar bread yang belum dipanggang, bentuknya aneh :3

kiri: roti isi coklat, kanan: caterpillar bread yang udah dipanggang



bread floss emak, blur dengan sukses

Alhamdulillaah kali ini kami puas dengan hasilnya, lembuuutt dan sudah mirip dengan roti yang biasa kami beli di bakery langganan. Emak request bread floss, jadi setelah roti matang dan agak dingin roti saya belah tanpa terputus, lalu saya olesi dengan mayonaise yang dicampur dengan susu kental manis dan selanjutnya saya taburi abon sapi. Hmmm... nyam nyam :q Emak puas dengan rasanya :D

Caterpillar Bread saya masih saja buruk, huhu.. T__T Tapi saya tidak akan menyerah, kapan-kapan saya akan coba lagi dengan resep soft bread NCC ini saja. Selain bahannya mudah, prosesnya juga tidak ribet, dan yang menggembirakan, sampai esok hari rotinya tetap enak :D 

Jadi, begitu deh cerita tentang roti-roti buatan saya. Panjang yaa... haha.. :D Tapi saya puas ketika tulisan ini akhirnya terwujudkan juga. hihi..
Selamat menguleni adonan roti..! Ganbatte...!!! Yosh...!! ^o^9
Wassalaamu'alaikum..

Mdn, 17.09.13

_miyukotaque_

12 komentar:

  1. Kak ayu, fitri mau roti yang terakhir itu >,<
    itu pakai abon kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, si fitri nyasar di mari, hahaha.. :D welcomeee... ayo ayo segera menuju ke bakery terdekat untuk beli bread floss, hehe.. :p

      Hapus
    2. jadi pengen buat >,<
      pakai resep kak ayu boleh ya

      Hapus
    3. Boleh dooong.. :D oya ini bukan resep kakak fit, tapi resepnya NCC hehe...

      Hapus
  2. hohohoho...... nama eikeh di sebut2....
    ciri2 adonan ng elastis itu kalau di bentuk ng bisa rapi yu....
    kyknya kita harus beli breadmaker yo.... #ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang blog ini ada kayaknya nama mbak mimie imut cemunguth bakal sering disebut2 deh. Hihi.. :p
      mauuu.. Tp maunya dibeliin aja sama suami (nanti). Haha..

      Hapus
  3. Dulu semester 4 Yanti pernah dapat tugas buat roti manis Yuk. Bentuknya mirip di gambar terakhirnya Ayuk. Tapi lebih manis punya Ayuk sih. Ahaha...
    Kapan2 buat roti bareng yah Yuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun kulia d jurusan ITP keren kali yantiii.. Bikin rotinya di lab kah? Pake alat atau nguleni pake tangan? Sejarahnya di komunikasi gak pernah praktik bikin roti *yaiyalah* haha.. :D
      ayoookk.. Masih tertantang bikin roti yg cantik2 :3

      Hapus
  4. judulnya kurang panjang tuh, hihi...
    ayo semangat bikin lagi terutama caterpillar breadnya. Kok bisa bengkak banget, ke samping lagi. Terlalu lebar nariknya ya itu si caterpillar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iyaya mbak? Postingan berikutnya judul sepanjang dua kalimat deh. Hihi.. :3
      Hahaha *ngakak lagi* iya, caterpillar breadnya tumbuhnya ke samping gitu ya.. Saya ngaku mbak, itu emang saya tarik adonannya. Hehe.. ;D

      Hapus
  5. hehehe... Teliti bgt ya mba ayu ini, bikin roti sampe dicatet tanggalnya... Hehehe...

    Kelihatan empuk kok mba...

    Caterpillarnya bikin tersinggung nih.. Saingan ama bodyku kayanya... Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... saya liat dari detail fotonya di hape mbak, kan ada tanggalnya. haha..
      jiaaaahh... >< ntar saya bikin caterpillar yang langsing deh (kalo bisa), hihi..

      Hapus