Senin, 11 Maret 2013

Sanger di Keude Kupie


Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis (me-review) tentang tempat makan yang saya kunjungi. File-file foto sudah membludak di memori handphone. Jadi sebelum memori handphone saya jenuh dan mengulah sepertinya saya harus segera memindahkan “kenangan akan rasa” di blog ini. Yang pertama saya review adalah Keude Kupie Uleekareng & Gayo di dekat kampus saya. Dari namanya sudah ketauan kalau ini adalah Warung Kopinya Orang Aceh :)

Saya ke tempat ini karena ingin membicarakan hal yang penting dengan PIV (Partner In Virtue) saya. Kami membutuhkan tempat yang cozy dan menyediakan banyak snack untuk menemani cuap-cuap kami hari itu. PIV mengajak saya ke café ini pada 09 Februari 2013. Seperti kebanyakan kota besar lainnya, di Medan saat ini sedang nge-trend kafe untuk ngopi dan santai. Istilahnya saja Keude (kede/kedai) tapi tempat ini lebih cocok disebut café. Siang itu cukup banyak pengunjung yang sedang ber-wi fi ria sambil santap siang di sana. Tempatnya sendiri menurut saya tidak terlalu cozy. Ada beberapa baris sofa yang tidak terlalu besar dengan meja yang lebih menyerupai meja panjang warung makan. Namun beberapa mahasiswa terlihat nyaman dengan laptop mereka dan secangkir kopi Aceh.


Saya memesan sepiring Nasi Goreng Kuning (actually I’d forgot the menu’s name) dan segelas Sanger Dingin. PIV hanya memesan Sanger Panas karena sebelum berangkat PIV sudah makan. Sanger adalah racikan kopi Gayo yang di-mix dengan susu. Bagi saya yang sudah sangat lama tidak minum kopi (karena masalah kesehatan), ini bukanlah pilihan yang buruk. Saya menikmati pahitnya kopi yang cukup terasa diujung lidah kala manis dari susu kental mulai lenyap. Sayangnya saya tidak terlalu menghirup aroma kopi Gayo yang khas lantaran begitu pesanan datang saya langsung mengaduknya dan bersinergilah kopi Gayo tadi dengan susu kental manis. Simply, sanger adalah kopi susu Aceh yang bisa disajikan dengan atau tanpa es. Sanger Dingin dibandrol dengan harga Rp 9000,00 sedangkan Sanger Panas Rp 8000,00.

Sanger Dingin

Untuk Nasi Goreng Kuning nya tidak terlalu istimewa. Nasi yang sudah dibumbui dengan kunyit sebelumnya, digoreng dengan taburan cabe merah dan hijau keriting. Disajikan dengan ayam goreng tepung minimalis, sambal cocol dan lalapan (selada, timun, tomat) ditemani beberapa keping kerupuk. Porsinya pas menurut ukuran perut saya namun saya yakin PIV pun tidak akan kenyang jika hanya makan nasi goreng ini. Nasinya tidak terlalu banyak (demi menghindari penggunaan kata “sedikit”) barangkali ini disesuaikan dengan harganya yang cukup untuk kantong mahasiswa, Rp 13.000,00.  Masalah rasa, not bad, hanya saja nasi digoreng terlampau kering sehingga untuk menelan sesuap nasi dibutuhkan seteguk air. Hihi.. peacee…:)

Nasi Goreng Kuning


Selain pesanan kostumer, waitress juga akan menyajikan tiga piring snack seperti risoles, perkedel mie, donat coklat dan pisang karamel. Per item dihargai Rp 1000,00 - Rp 2000,00. murah meriah, cocok untuk menemani kicau kacau mahasiswa seperti saya dan PIV. Hehe..

pisang karamel, donat coklat, risoles dan perkedel mie
yang bisa menemani cuap-cuap kami

Sore hari, sekembalinya dari kafe, saya merasa sedikit aneh. Ah… saya tau kenapa. Barangkali Kopi Gayo yang enak tadi memiliki kandungan caffeine yang cukup tinggi sehingga membuat jantung saya berdebar lebih kencang. Dan di malam harinya, Emak habis-habisan menceramahi kelakuan saya karena (kembali) minum kopi meskipun sudah dilarang. Disebabkan saya bolak-balik ke toilet..! haha.. :D

Aahh… Kopi… saya selalu suka aroma dan rasanya sejak saya mulai mengenal enaknya kopi 15 tahun silam. Dan kini sangat diwanti-wanti karena saya punya masalah pencernaan.

At least, Keude Kupie Uleekareng & Gayo ini recommended untuk mahasiswa USU karena letaknya yang tidak jauh dari kampus (dekat pintu 4) dan harganya yang masih terjangkau oleh mahasiswa. #cobain Sanger nya yaa.. :D
Wassalaamu’alaikum..

Ki-Teng-Ka: Sanger Dingin-Sanger Panas-Nasi Goreng Kuning

Keude Kupie Uleekareng & Gayo
Jln. Dr. Mansyur No. 80 A Medan
(tidak jauh dari Pintu 4 USU)

Mdn, 10.03.13
miyukotaque_

3 komentar:

  1. kamu di USU yu??
    wah aku ada 1 teman SMA di sana :D

    BalasHapus
  2. Namanya handian (ucok).. kalau gak salah jurusan komunikasi deh..

    BalasHapus