Senin, 11 Maret 2013

LatBar KULKAS 2 -- Make Ur Own Pizza :D


Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
Nah, kalau yang ini adalah cerita tentang LatBar KULKAS yang kedua. Sebelum pulang dari LatBar pertama di rumah Nazwa (ceritanya ada di sini), kami menyepakati beberapa hal:
  1. LatBar KULKAS kedua diadakan tanggal 27 Januari 2013 di kediaman Kak Yo.
  2. Menu makanan yang akan dipelajari adalah Pizza
  3. Uang kas tiap anggota per bulan Rp 10.000,00. Uang kas ini ditujukan untuk dana kegiatan bila sewaktu-waktu KULKAS akan mengadakan even.
Namun, mendekati hari H ternyata Kak Yo mengonfirmasi bahwa dapur rumahnya belum selesai direnovasi (saat itu Kak Yo sebagai calon tuan rumah baru saja pindahan). Akhirnya salah satu anggota KULKAS yang baru bergabung di grup fb bersedia untuk menyediakan tempat. Beliau adalah Kak Arni Susanti yang dengan rendah hati menawarkan rumahnya sebagai tempat LatBar. Syukron kak.. ^_^

Minggu, 27 Januari 2013
Kami berkumpul di kediaman Kak Arni yang tidak begitu jauh dari Mesjid Raya Al Mashun (Mesjid Raya Kota Medan). Sesuai kesepakatan yang telah dibuat di grup, para peserta LatBar diharapkan membawa mangkuk sendiri sebagai wadah untuk menguleni adonan dan topping pizza yang dikehendaki. Kala itu saya dengan repotnya membawa printilan seperti rolling untuk menggilas adonan, parutan keju, kuas, piring saji, dan kotak bekal makanan yang berisi aneka topping pilihan saya. Alhamdulillaah keputusan saya tidak salah, semua barang itu berguna sekali saat itu :)

Selain kehadiran saya, Nazwa, dan Kak Yo, anggota KULKAS yang hadir menampilkan wajah-wajah baru. Hehe.. Ada Famita teman satu kelas saya di kampus, Kak Mimi pemilik OLS Warung Muslimah, dan Kak Arni selaku tuan rumah. Yang lain berhalangan hadir karena masalah kesehatan, kesibukan, dan sebagainya. Semoga lain kali bisa berkumpul kembali. Aamiin…

Tanpa menunggu lama kami langsung menuju ke dapur. Aktivitas memasak memang selalu seru apalagi dilakukan beramai-ramai. Step pertama adalah membuat adonan roti pizza. Menurut Kak Yo adonan ini nantinya akan lebih crispy dan tipis karena tidak menggunakan telur. Kami membuat empat buah adonan yang tiap adonannya dapat menghasilkan dua loyang pizza. Enam orang dengan delapan loyang pizza. Sungguh perjuangan untuk menghabiskannya karena kami berenam tidak terlalu jago makan. Hihi.. syukurlah  di rumah Kak Arni banyak anggotanya, jadi urusan menghabiskan pizza ini dapat diatasi dengan baik. Berikut resep roti pizza a la Kak Yo:

Resep Roti Pizza
Bahan:
-          250 gr terigu protein tinggi (mis: merek Cakra Kembar)
-          5 gr ragi instan (½ sachet)
-          200 mL air hangat
-          2 sdm minyak sayur
-          ¼ sdt garam
-          ¼ sdt gula

Cara membuat:
  1. Larutkan ragi dengan 50 mL air hangat (dari 200 mL air), biarkan sampai berbuih.
  2. Dalam sebuah wadah campurkan terigu, gula, garam, minyak sayur, dan larutan ragi. Uleni.
  3. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Bisa jadi dari 150 mL air yang tersisa tidak terpakai seluruhnya.
  4. Uleni hingga adonan kalis.
  5. Bulatkan adonan, proofing (diamkan adonan utk fermentasi) selama 20 menit
  6. Setelah adonan mengembang dua kali lipat kempeskan adonan.
  7. Ambil setengah adonan giling sesuai selera
  8. Letakkan pada loyang yang telah bersemir minyak/margarin.
  9. Tusuk-tusuk dengan garpu. Oleskan saus pizza
  10. Susun topping sesuka Anda. Jangan lupa untuk untuk menaburkan keju yang mudah meleleh semisal Mozarella atau Kraft Quickmelt.
  11. Panggang di oven yang sebelumnya telah dipanaskan, kurang lebih 12 menit.

Hasil: 2 loyang pizza

Adonan pizza yang sedang difermentasi

Resep Saus Pizza
Bahan:
-          2 buah tomat, kupas kulitnya dan buang bijinya, cincang atau haluskan
-          2 siung bawang putih cincang halus
-          1 buah bawang bombay ukuran kecil cincang
-          3 sdm saus tomat botolan (bisa menggunakan pasta tomat)
-          ½ sdt garam
-          1 sdt gula
-          ½ sdt merica bubuk
-          ¼ sdt pala bubuk
-          ½ sdt italian herbs (oregano)
-          50 mL air
-          2 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan tomat cincang, saus tomat, merica, gula, garam, dan pala. Aduk rata.
  3. Tambahkan air. Aduk rata. Tes rasa. Tambahkan bumbu sesuai selera jika takaran gula garam merica kurang pas. Saya menambahkan 2 sdm saus cabai botolan dengan alasan menyukai saus yang lebih spicy. Biarkan hingga mengental dan meletup-letup.
  4. Terakhir tambahkan bubuk oregano. Aduk rata. Angkat. Siap menjadi olesan pizza Anda.
saus pizza yang sedang dimasak
loh, itu kok ada batu bata yak? hehe

sibuk dengan pizza masing-masing


nah ini tangan siapa yang nyalip? hehe..

Alhamdulillaah teman-teman merasa puas dengan pizza mereka, kecuali saya. Kenapa? Saya sedikit menyesal menggunakan topping nanas. Sebenarnya tidak masalah jika saat itu saya menggunakan nanas segar namun dengan polosnya sehari sebelum LatBar (Sabtu sore) saya pergi ke Abang Penjual Rujak dan membeli dua potong nanas. Celakanya, nanas yang saya beli ternyata sudah dilumuri dengan pemanis buatan sebelumnya. Jadi saat sesi icip-icip saya heran mengapa pizza saya terasa agak pahit dan makin pahit jika termakan nanasnya. Kini taulah saya, pemanis buatan  pada nanas menyebabkan Pizza Hawai idaman saya berakhir mengecewakan.

Pizza Indian a la Famita :D




Di akhir pertemuan, seperti LatBar sebelumnya, kami membawa pulang hasil latihan memasak hari itu. Dengan sedikit perasaan kesal saya mencabuti topping nanas di atas pizza dan membuangnya. Sampai di rumah saya menambahkan saus cabai botolan, keju cepat meleleh dan potongan sosis yang saya tumis sebentar lalu memanggang kembali pizzanya. Syukurlah PIV (Partner in Virtue) saya saat itu datang ke rumah dan beliau dengan senang hati menghabiskan pizza buatan saya yang terasa sangat spicy meskipun tanpa tabasco. Hihi..

Hawaiian Pizza pahit :(

Wassalaamu’alaikum..

Mdn, 10.03.13
miyukotaque_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar