Rabu, 23 Januari 2013

Onde-onde Ketan Hitam


Bismillahirrohmaanirrohiim..

Assalamu’alaikum..
Alhamdulillah saya bisa memposting tulisan kembali. Kali ini saya memposting Onde Onde Ketan Hitam yang dibuat tanggal 15 Januari yang lalu. Sebenarnya emak sudah lama berkeinginan untuk membuat onde-onde ini sejak melihat liputan di salah satu televisi swasta mengenai onde-onde yang terbuat dari pulut (ketan) hitam. Namun kami cukup kesulitan mencari kacang hijau tanpa kulit. Memang bisa saja membuat isinya dengan kacang hijau yang biasa (dengan kulit) tapi rasanya kurang afdol menurut emak. Alhasil saya berkeliling ke supermarket di Kota Medan dan menemukan kacang hijau tanpa kulit. Harganya sekilo Rp 40.000,00 dan bagi saya ini cukup mahal. Saya hanya membeli 250 gram saja.



Kacang hijaunya sendiri saya beli dari bulan November 2012 dan baru sempat diolah bulan Januari 2013 ini. Hehehe.. syukurlah keadaannya masih baik. Oleh emak kacang hijaunya direndam, direbus, ditambah santan dan gula. Jadilah isi onde-onde yang wangi, manis, dan legit. Kacang hijau yang telah diolah ini kami bagi dua, sebagian untuk isian roti kukus (pau) dan sisanya untuk isian onde-onde ini. Sayangnya, pau yang kami buat pada hari Minggu (13 Januari) tidak sempat didokumentasikan. Jadinya kan tidak bisa pamer pau yang putih mulus, empuk, menul-menul. Hehehe.. :p


Oya, onde-onde yang saya buat wijennya sebagian ada yang kehitaman yak. Hehe.. Sebenarnya itu sisa dari membuat Daigaku Imo (snack dari Jepang berupa ubi goreng yang disiram karamel dan ditaburi wijen) beberapa waktu lalu. Saat itu dengan cerobohnya saya meninggalkan wijen di atas teflon panas untuk menyapa keponakan saya. Alhasil sebagian wijen sukses saya buat gosong. Hehe.. Karena wijennya tinggal sedikit jadi tidak seluruh onde-onde saya berbalut wijen. Tapi untuk mejeng di blog dan fb saya pilih yang bersalut wijen pastinya meskipun tidak rapat.

Dari pada mendengarkan (atau membaca-red) ocehan saya, langsung saja kita intip resep onde-ondenya ^^

Onde-Onde Ketan Hitam

Bahan Kulit:
-         150 gr tepung ketan hitam
-         75 gr tepung ketan putih
-         25 gr tepung sagu/kanji
-         180 ml air hangat
-         ½ sdt garam
-         1 – 2 sdm gula pasir

Cara Membuat:
  1. Campur dan ayak ketiga macam tepung, sisihkan.
  2. Larutkan gula dan garam dengan air hangat
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan air gula ke wadah berisi tepung sambil diuleni sedikit hingga kalis dan bisa dipulung.
  4. Bulatkan isian kacang hijau
  5. Ambil adonan secukupnya, bulatkan dan isi dengan kacang hijau yang telah dibulatkan.
  6. Gulingkan adonan yang telah dibulatkan ke wijen
  7. Goreng hingga matang

Mudah kan membuatnya? ^^
Ada beberapa tips yang ingin saya bagikan:
  • Air yang saya gunakan tidak terpakai seluruhnya karena adonannya mudah kalis namun cepat kering
  • Ketika adonan dirasa terlalu kering, tetesi kembali dengan sisa air tadi.
  • Jika khawatir wijen tidak melekat dengan baik, Anda bisa menggulingkan onde-onde pada air yang diletakkan di piring kecil sebelum menggulingkannya pada wijen. InsyaAlloh wijen-wijen itu akan melekat dengan sempurna. ^^

Mungkin itu saja yang dapat saya ceritakan kali ini.
Wassalamu’alaikum..
Mdn, 22.01.13
_miyukotaque_

8 komentar:

  1. Mau dong onde-ondenya buatan Ayuk

    BalasHapus
  2. mba ini yang udah lama sy list mau di bikin... tapi belom kesampean juga... tampaknya enak sekali yaa....

    BalasHapus
  3. Iya mbak lisa. Onde-ondenya enak ^^
    Manis gurih gitu. Makan satu gak cukup

    BalasHapus
  4. mba, di jawa tengah kacang hijau kupas 26ribu perkilo, saya jg beli sebelum balik ke madinah, rencana mau di bikin gini.... hehehee

    BalasHapus
  5. Wah... Harganya jauh lebih murah ya mbak lisa. Mungkin krn saya beli di supermarket y jd mahal. Ditunggu onde onde versi mbak lisa d blog yah.. ^^

    BalasHapus
  6. kemaren ke pekan baru mb mimie jg beli 250 gr.
    lebih mahal dr di medan yu...
    moso 1/4 aja di hargai 15 rb...aje gile.
    tp belum mb mimie olah sih...
    si eman2(di sayang2) ehehehheeh

    BalasHapus
  7. baru tau onde2 kulitnya bisa jadi hitam gitu

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus