Senin, 11 Maret 2013

Mie Belitong Kebut, hihihi...


Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
Huuwaaaa…!!! #teriak histeris. Saya paling sebal kalau selesai mengajar pada siang hari, kelaparan, dan belum ada makanan yang bisa “dibasmi” di rumah. Emak terkadang belum sempat masak karena beliau juga orang sibuk, maklum pengusaha. Hihi.. Aamiin..
Jadilah di hari Selasa 06 Januari 2013, saat tengah hari saya sibuk ublek-ublek isi kulkas dan menemukan sedikit udang yang belum dibersihkan, sawi, kol, tauge (yang sudah dibersihkan). Masih bingung mau masak apa. Saya buka kembali lemari stok bahan-bahan kering dan menemukan sebungkus mie telur. Idepun terlintas, bagaimana kalau saya membuat Mie Belitong saja, seingat saya resepnya simpel sekali, pernah saya bookmark-ed dari blognya Mbak Julia W di chefbyaccident.


Saya membaca resepnya baik-baik dan mengajak Emak untuk duet memasaknya. Beliau tidak keberatan. Karena kami sama-sama sudah lapar, memasaknya pun hantam kromo saja. Emak bertugas mencuci sayuran dan udang sementara saya merebus mie telur kering. Mienya selesai, diangkat, air di panci diganti, kemudian masuk beberapa buah cabai rawit hijau untuk dijadikan sambal dan sebutir telur sebagai protein di hidangan kali ini selain udang tentu saja :)

Sambil merebus telur saya menghaluskan bumbu yang telah disediakan Emak, menumis dan mencampurkannya dengan kaldu udang yang  juga telah disiapkan Emak saat saya merebus mie. Campur ini itu, tes sana sini dan voila…! Jadilah Mie Belitong Kebut a la Anak & Emak. Hihi.. Rasanya ajib sekali apalagi dimakan dengan perasaan penuh syukur di kala lapar melanda :D Berikut resepnya yaa… sudah saya modifikasi sedikit. Resep aslinya tinggal diklik saja di bagian “Sumber”.
  
Resep Mie Belitong a la Saya
Sumber: chefbyaccident

Bahan:
-          1 L air untuk merebus
-          150 gr udang, kupas, cuci, sisihkan kulitnya utk direbus
-          150 gr mie telur kering, rebus setengah matang, tiriskan
-          3 sdm minyak utk menumis
-          1 sdm gula merah
-          1 sdm kecap manis
-          4 sdm maizena larutkan dgn sedikit air
-          1 buah mentimun ukuran kecil, potong dadu
-          1 butir telur direbus
-          Sawi hijau secukupnya
-          Tauge secukupnya
-          Kol diiris secukupnya
-          Beberapa buah cabai rawit, rebus dan ulek untuk dijadikan sambal

Bumbu (haluskan semua):
-          3 butir kemiri
-          ½ ruas lengkuas
-          ¼ ruas jahe
-          ½ sdt merica
-          3 siung bawang putih
-          6 butir bawang merah
-          50 gr udang kupas
-          Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Rebus air bersama kulit dan kepala udang hingga kaldunya ke luar, angkat dan saring.
  2. Rebus sayuran sebentar saja, angkat
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Tuang ke dalam kaldu lalu rebus kembali.
  4. Tambahkan kecap manis dan gula merah, masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Didihkan kembali.
  5. Susun mie dan sayuran dalam piring. Siram dengan kuah panas-panas. Taburi dengan mentimun. Hidangkan dengan telur dan kerupuk.

Mudah bukan? Yah barangkali ini mudah menurut versi saya karena seluruh bahan kebetulan ada di rumah. Hihi.. ^_^
Selamat mencoba <3
Wassalaamu'alaikum


Mdn, 10.03.13
miyukotaque_

8 komentar:

  1. salam kenal Ayu...suka sy bc profil ayu..jujur!

    BalasHapus
  2. Salam kenal kembali ummiaisyah.. ^_^
    wah.. Iya kah? Syukron :)

    BalasHapus
  3. kayak mie tektek ya yu ????
    mb paling suka olahan mie.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ayuk rasa sih beda mbak. Di medan ini ada yang namany mie rebus india, nah rasanya mirip2 gitu tp lebih ringan aja karena bumbunya simpel. Mie rebus india tu lebih bnyk rempahnya.

      Hapus
  4. disikat selagi masih anget, wallaaa....sedapnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk, hobi masak ya sekarang?
      Keren..keren..

      Hapus
    2. Hobi masaknya dr esde yanti.. Hihi..

      Hapus