Senin, 21 Januari 2013

Bubur Biji Delima



Bismillahirrohmaanirrohiim…

Assalamu’alaikum..





Saya hadir dengan sajian yang diberi tajuk ”Bubur Biji Delima”. Resepnya saya dapat dari buku resep masakan punya Bundanya murid les saya. Tapi saya lupa judulnya.. >.<”
Tempo hari waktu ngajar les privat, ada buku resep masakan di mejanya jadi saya pinjem aja. Karena segan mau pinjem dibawa ke rumah, alhasil resepnya saya fotoin satu-satu (saya males nyatetnya, hehe). Dan resep bubur ini salah satunya. Simpel dan bahannya mudah didapet.Uniknya lagi bubur ini bahan dasarnya bengkoang. Beberapa murid les saya ”beruntung” bisa ikut mencicipi. Dan katanya enak :D
Tapi menurut saya rasanya terlalu manis. Saya patuh banget sama resepnya. Gulanya sampe 200 gram. Kata emak itu kebanyakan. Maklum lah, saya masih beginner dan amateur banget. Jadinya bubur itu kami santap pake es batu biar gak berasa terlalu manis. Bubur ini buatnya juga udah lama, tanggal 23 Oktober 2012. Di bawah ini resepnya, gulanya bisa dimodif sesuai selera ya.. :D


Bubur Biji Delima
Sumber: Buku Resep Masakan punya Bunda Wahyu

Bahan A (Biji Delima):
200 gr bengkoang, kupas, cuci dan potong dadu kecil
25 gr gula pasir
½ sdt garam
300 ml air
200 gr tepung tapioka
Pewarna merah rose secukupnya

Bahan B (Bubur):
750 ml air
200 gr gula pasir
½ sdt garam
2 lbr pandan

Bahan C (Saus Santan):
200 ml santan kental
½ sdt garam
2 lbr pandan
1 sdm gula
½ sdt maizena dilarutkan dgn sedikit air

Cara membuat:
  1. Biji delima: Rebus 300 ml air dengan gula dan garam sampai mendidih. Masukkan bengkoang, masak kurleb 15’. Angkat dan tiriskan. Beri pewarna, ratakan. Gulingkan di atas tapioka.
  2. Bahan B: seluruhnya direbus hingga mendidih kemudian masukkan biji delima hingga mengapung dan kental.
  3. Bahan C: Masak hingga mendidih kemudian tuang larutan maizena hingga mengental.


4 komentar:

  1. asekkkk....ahirnya di publish resepnya....
    makasih .....^_^

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali mbak mimie..^^
    Kasih laporannya y kalo udah dibuat

    BalasHapus
  3. Yanti, ilernya kemana mana tu.. Hehehe
    ^_^Y peace...

    BalasHapus