Selasa, 14 April 2020

CHALLENGE 1 GEMAR RAPI - MEMBUAT ECO ENZYME / ECO CLEANER

Bismillah

Ini kedua kalinya saya bikin eco enzyme. Setahun lalu tepatnya 15 Januari 2019 saya pernah juga bikin eco enzyme pakai kulit jeruk dan difermentasi selama tiga bulan.
Saat itu menurut saya eco enzyme nya ga terlalu berhasil karena aromanya ga segar tapi malah beraroma buah busuk. Jadi saat Gemar Rapi mengadakan challenge membuat eco enzyme saya tertarik mencoba lagi. 

Saya mencoba resep eco enzyme dengan tambahan ragi dan difermentasi selama 3 pekan.
Alhamdulillah sepertinya kali ini well done meskipun mengerjakannya saat mendekati tanggal akhir CHALLENGE. Ini beberapa bahan yg saya perlukan:
- Air 1 liter
- 100 gr gula merah disisir
- 300 gr kulit buah (saya pakai kulit jeruk dan nanas)
- 1/2 sdt ragi instan
- Botol bekas bersih berkapasitas 1,5 liter
Note: perbandingan air, gula dan kulit buah/sayuran harus 10:1:3
Cara membuat:
- Potong2 kulit buah agar dapat dimasukkan ke botol
- Masukkan gula, ragi dan air ke dalam botol
- Masukkan kulit buah
- Jungkir balikkan botol agar gula larut (dari yang saya baca sih sebaiknya tidak dikocok)
- Tutup botol JANGAN RAPAT karena katanya bisa meledak 😱
- Letakkan di tempat kering
 - Seminggu pertama, eco enzyme harus dijungkirbalikkan, setelah itu didiamkan selama dua minggu agar bisa dipanen
Dari pengamatan saya:
- Kalau tutup botol rapat, botol menjadi keras karena gas di dalam menekan permukaan botol
- Saat dibuka akan terdengar bunyi cesssss seperti saat kita membuka minuman bersoda
- Aromanya segar dan ada buih2 kecil yang naik turun di dalam botol

InsyaAllah saya akan panen tanggal 30 April dan akan saya update di blog ini bagaimana hasilnya 😘 CHALLENGE 1 DONE! Alhamdulillah... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar