Rabu, 15 Juni 2016

Apam Singkong Simpel

Assalaamu'alaykum..

Holaaaa apa kabar? Gimana nih puasanya? Lancar kan? :D Alhamdulillaah.. Udah lama banget ya saya ga ngeblog, hihi... Biasa, alasannya klasik, lagi males agak banyak kerjaan :D




Meskipun ga ngeblog tapi saya kadang-kadang masih eksperimen di dapur sih. Ya bikin camilan atau bekal sederhana untuk dibawa ke kantor. Seperti apam singkong ini, saya bikin untuk dijadikan camilan di kantor (sebelum puasa loh ya). Ga tau ya tiap jam tiga sore sampai menjelang pulang kerja selaluuuu berasa laper. Ini ga saya alami sendiri loh, rekan kerja yang lain juga ngerasain hal yang sama. Tiap sore pasti nunggu2 nenek tukang jual pecel lewat. Entah itu beli mie goreng disiram bumbu pecel, gorengan disiram bumbu pecel atau malah pecelnya aja. Biar ga tiap hari jajan jadi kadang2 saya bikin makanan dari rumah. Yuk, kita cek resepnya :D
Apam Singkong


Sumber: Hesti's Kitchen

Bahan:
- 2 butir telur
- 1 gelas singkong yg telah diparut dan diperas
- 1 gelas terigu
- 1 gelas santan kental
- 1 gelas gula pasir
- 1,5 sdm margarin dilelehkan
- 1,5 sdm susu kental manis
- 1 sdt ragi instan
- vanili secukupnya
- pasta pandan secukupnya


Cara membuat:
1. Campur santan dengan ragi, diamkan 15 menit.
2. Kocok telur, gula, dan vanili hingga kental.
3. Tambahkan singkong, terigu, susu, margarin lalu aduk.
4. Tuangkan santan dan pasta pandan, aduk.
5. Fermentasikan adonan 30 menit.
6. Olesi cetakan dgn minyak tipis2, panaskan cetakan dalam kukusan.
7. Tuang adonan sampai penuh, kukus 15 menit.


Apam singkong saya ga mekar tapi wangiiiii sekalii :D kayanya sih emang bukan apam yang mekar karena punya mba hesti juga ga mekar. Teksturnya lembut, manisnya pas, puas deh sama hasilnya. Temen2 saya juga bilang apam ini enaaakk :D Cara buatnya gampang lagi. Silakan dicoba.. ^^

Wassalaamu'alaykum

Mdn, 15.06.16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar