Jumat, 12 Juni 2015

Cobek Ayam Penyet, Medan Mall

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu'alaykum.

Sekarang saya lagi makan sendirian di Cobek Ayam Penyet, Medan Mall. Iya, sendirian. Awak kek gitu orangnya (versi Medan dari #GueMahGituOrangnya) hehe... Saya kalo kemana-mana memang lebih suka sendiri daripada ngajak temen. Gak tau kenapa, lebih nyaman aja. Seperti halnya sore ini, alhamdulillah pulang ngantor lebih cepat. Saya langsung main ke Medan Mall. Bisa dibilang Medan Mall ini salah satu legend-nya mall di Medan, sama kaya Medan Plaza, Olimpia, dan Thamrin Plaza yang sempat booming di era 80-90an. Kalo ga salah saya terakhir ke Medan Mall kelas 3 SMP sekitar tahun 2005 (ketauan umurnya :p). Setelah itu seingat saya, saya ga pernah main ke sini lagi, cuma sekedar lewat. Alasannya jelas, masih banyak mall yang lebih keren daripada Medan Mall (hallaaah... sombong sekali kau anak muda!).

(lanjut ngetik di rumah keesokan hari karena notebook mati dan charger-nya ketinggalan di kantor)
Berhubung saya ke sana di jam-jam nanggung. Saya cuma jalan-jalan aja. Tapi kok perut berasa minta diganjel ya dan tenggorokan kering minta disegerin, haha.. Kebetulan ada dua tempat makan yang baru diresmikan, pertama Restoran Masakan Jepang--yang sayangnya saya lupa apa namanya--dan kedua Cobek Ayam Penyet ini. Dari namanya udah ketauan ya kalo yang jadi main menu-nya itu ayam penyet. Saya memutuskan untuk ke Cobek Ayam Penyet. Saya berharap ketemu menu yang ga "berat" karena sebelumnya saya emang udah makan siang, jadi pesan ayam penyet lengkap dengan nasi, lauk pauk dan sambal bukanlah sebuah pilihan bijak :p

milih duduk di lesehan


Saat masuk, saya disambut oleh seorang waiter pria yang menawarkan pilihan tempat makan, ada lesehan, sofa, atau kursi biasa. Saya milih duduk di sofa tapi karena saya lihat di tempat lesehan ada colokan (artinya saya bisa nge-charge notebook tapi unfortunately charger-nya malah tertinggal -_-") saya pindah ke lesehan. Tempatnya nyaman dan luas. Ada banyak pilihan tempat duduk. Yang bawa anak kecil juga bisa nyenengin anaknya karena di sana ada mini playground dan lcd tv cukup besar yang menayangkan film anak-anak. Saya suka sama pencahayaannya, bikin hasil foto terlihat bagus meskipun tanpa efek tambahan #nyengir. Furniture-nya didominasi bahan kayu dengan tambahan bantalan sofa yang empuk dan bergaya vintage dengan desain floral gituuu bikin saya kesengsem, hehe.. Ornamen di dindingnya berupa foto makanan yang tersedia dalam daftar menu. Fotonya cukup menarik karena saat makanan asli disajikan, styling-nya mirip dengan yang di foto tersebut. Sepertinya manajemen Cobek Ayam Penyet menyewa jasa food photographer jadi bukan asal comot foto dari internet. Lalu ada tempat meracik minuman (saya ga tau namanya tapi kita sebut aja beverage stand ya, hehe..) yang cukup keren menurut saya. Keren karena saya suka sama lukisan di atas beverage stand itu, pengen punya yang begituan jadinya, hehehe..

buat yang milih duduk di kursi, tuh ada foto makanannya di dinding

tempat meracik minuman, saya suka sama lukisan minumannya :3
Di awal saya cuma order Es Kelapa Jeruk karena bingung mau order makanan apa. Menu makanan (yang saya ingat) didominasi masakan berat seperti nasi uduk, nasi timbel, ayam dan bebek penyet, sop iga, gado-gado (ini mah ga berat), dsb. Sedangkan untuk minumannya tersedia aneka jus buah, es cendol, sop buah, es kelapa jeruk, dll. Sembari menunggu saya melihat-lihat daftar menu. Tiba-tiba saya tertarik untuk pesan sate ayam. Fotonya terlihat menarik karena sate disajikan di atas hotplate dan disiram dengan bumbu kacang yang terlihat lezat.

Es kelapa jeruk hadir lebih dulu karena emang lebih dulu saya pesan, hehe.. Rasanya segeeeerrr... Cocok banget diminum saat udara lagi panas. Perpaduan air kelapa muda dan perasan jeruk, ditambah serutan daging kelapa dan es, sukses menghilangkan dahaga saya setelah lelah muter-muter. Manisnya pas, asli, ga pake pemanis karena ga ada sedikitpun rasa pemanis buatan yang cenderung  manis-pahit. Porsinya juga lumayan besar. Sayangnya serutan daging kelapanya banyak yang tua :( jadi rasanya krenyes krenyes ga lembut khas kelapa muda. Tapi untuk keseluruhan es kelapa jeruk ini TOP, recommended :D

Es Kelapa Jeruk, fotonya salah fokus, si es malah blur dan yang fokus malah bagian belakang, huhu..

Setelah menunggu cukup lama, Sate Ayam pesanan saya datang juga. Penyajiannya sangat menarik karena baru kali ini saya lihat sate disajikan di atas hotplate dan dialasi piring kayu tebal. Ada enam tusuk sate ayam ditemani dua potong lontong, disiram bumbu kacang dan ditaburi irisan bawang merah, daun seledri serta cabe rawit. Bumbu kacangnya manis asin, menurut saya malah cenderung keasinan karena saya bukan penggemar masakan asin, mungkin kalau dikurangi sedikit takarannya cocok untuk lidah saya. Tapi kalo untuk ukuran konsumen pada umumnya sih sudah okelah :D Kacangnya diproses halus sekali, jadi tidak ada printilan kacang (bahasa apa sih "printilan", haha..). Bumbunya ga pedas, tipikal masakan Jawa, makanya ada irisan cabe rawit. Kalo dimakan pake cabe rasanya lebih maknyuuuss :D Ayamnya sangaaaatt empuk..! duh... ngebayanginya jadi pengen lagi :q Potongannya juga lumayan besar. Jadi sebelum dibakar, sate ayam sepertinya dibumbui terlebih dulu karena dagingnya enak dan ga anyep (tawar).  Lontongnya juga empuk tapi sayang hanya dua potong. Kalo cuma dijadikan "camilan" kayak saya sih cukuplah tapi kalo lagi laper ga disarankan pesen sate ini, hihi... ga kenyang. Pesan ayam penyet atau nasi timbel aja. Saya suka presentasi dan rasa sate ayam ini, cuma karena saya orangnya cukup detail, saya merasa kurang sreg saat sate itu disajikan, di pinggiran papan alas hotplate ada lelehan bumbu kacang. Mungkin bagi orang lain ga masalah tapi menurut saya kebersihan juga harus diperhatikan. Baiknya sebelum diantar ke konsumen diperhatikan lagi piringnya dan kalau ada percikan bumbu atau apapun bisa dibersihkan menggunakan tissu. Udah itu aja :D

Sate Ayam, lihat deh di bagian kanan ada cipratan kecap

:9
:(

Pelayanannya cukup baik. Selesai makan kita bisa minta bill atau langsung ke kasir. Komplain sedikit, waktu saya makan di sana dilayani oleh waiter yang sepertinya masih training karena dia pakai baju hitam putih tidak seperti yang lain pakai baju oranye (atau merah? saya lupa). Jadi saya mau pindah tempat duduk, saya bilang ke dia dan dijawabnya saya harus bilang ke kasir untuk konfimasi. Yaudah saya ke kasir untuk lapor. Trus kasirnya bilang, "ya ga papa mba, silakan aja kalau pindah tempat, bilang sama waiter-nya aja :)" yeeee... (_ _") hehehe.. gitu aja sih. Untuk keseluruhan saya puas dengan makanan di sana. Silakan singgah, mana tau kan abis dari Pajak (pasar) Central sama emaknya, traktir makan aja di situ, hihi...



4 komentar:

  1. tampilannya menggoda lidah hahahaha....

    BalasHapus
  2. mainnya ke medan mall ya, dengen kali dari kontrakanku kak. Main jangan sendirian kak, bahaya, ngajak2lah, haha. kapan2 nyobalah

    BalasHapus