Sabtu, 20 Juni 2015

Tumis Ayam Jamur Paprika

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu'alaykum




Tumben saya semangat ngeblog :D Alhamdulillah keluarga saya masih dipertemukan dengan ramadhan tahun ini. Semoga begitupun dengan ramadhan tahun-tahun berikutnya. Aamiin..  Tapi udah semangat gini saya malah bingung mau nulis apa. Hahaha.. Tadi ada seorang teman yang ngirimi pesan WA "Apa yang kamu pikirin sekarang Yuk?", ya ditanya gitu saya jawab aja "Saya lagi mikir jawaban dari pertanyaanmu" hehehe..

Ini sebenernya mau nulis apa sih??? Doohh.. Saya inget kata dosen saya dulu, beliau pun mengutip kata-kata dari Jalaluddin Rahmat, kalo menulis itu bisa bikin pikiran kita jauh lebih sistematis. Sejauh ini sih saya sepakat sama pernyataan beliau. Buktinya sekarang saya mulai enjoy tekan-tekan tuts. Hehehe..



Saya cuma mau bilang, saya ini kadang suka sok asik, sok oke dan sok sok lainnya padahal ternyata saya itu.... Ah sudah lupakan! haha #GaJelasLagi. Udah ah kalo gitu lanjut ke resep aja. Resep ini dibikinnya bulan April tapi belum diposting. Aslinya liat dari Majalah Sedap dengan judul Ayam Paprika Pedas tapi saya rombak abis-abisan karena ngikuti bahan yang ada di rumah, hehe..




Tumis Ayam Jamur Paprika

Bahan:

  • 250 gr fillet dada atau paha ayam potong dadu
  • 3 buah bawang putih cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1/2 buah paprika merah, iris panjang
  • 1/2 buah paprika hijau, iris panjang (paprika yang saya pakai udah mulai oranye, hehe)
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 100 gr jamur tiram, dibersihkan lalu suwir-suwir
  • 4 lembar jamur kuping, rendam, lalu iris-iris
  • 7 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm kecap inggris
  • 2 sdm saus sambal
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air
  • Minyak untuk menumis
Cara Memasak:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
  2. Masukkan paprika dan cabe rawit, aduk hingga layu.
  3. Tambahkan ayam, aduk-aduk hingga ayam mulai berubah warna.
  4. Tambahkan jamur tiram, jamur kuping dan tomat.
  5. Beri kecap inggris, saus tiram, saus sambal, serta gula dan garam.
  6. Tambahkan air jika terlalu kering. Masak hingga ayam matang dan siap disajikan.
Kayanya resep yang saya kasih semuanya gampang buat dicoba ya, hehe.. Tumisan emang paling gampang deh untuk dipraktekkan apalagi untuk pemula kayak saya, jarang gagal, hehe.. Khusus tumisan ini rasanya cenderung pedas ya. Udah deh gitu aja, yang penting udah diposting :p


ada nasi? haha.. :D


Wassalaamu'alaykum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar