Senin, 02 Agustus 2021

Berturut dan Berlanjut (2)

Bismillah... 

(Melanjutkan tulisan kemarin, semoga ga bosan bacanya ya..) 


1 Jul: Bapak ibu mertua dan adik ipar balik pulang ke Cikarang. Pada saat ini kami udah dengar kabar akan diberlakukan PPKM. 


2 Jul: Aku sama mas ery sarapan ke Kopi Klotok lagi. Eh siapa yang tau ternyata siangnya pemerintah mengumumkan PPKM Darurat di Pulau Jawa & Bali mulai tgl 3 - 20 Juli. Dan siang itu aku lihat di postingan instagram kopi klotok kalau hari ini mereka terakhir buka. Mereka tutup selama PPKM Darurat. 


3 Jul: Berita PPKM makin rame, syarat penerbangan dari dan menuju ke Pulau Jawa Bali wajib menyertakan hasil swab PCR negatif dan menunjukkan kartu vaksinasi covid minimal 1x.

Di sini kami mulai agak panik. Kami pulang tanggal 7 Juli dan kondisi kami berdua belum divaksin. Hari itu kami cari informasi sana sini. Kami telpon beberapa fasilitas kesehatan yg menyediakan vaksin. Kebanyakan hanya untuk KTP domisili Jogja. KTP nondomisili Jogja hanya bisa di dua tempat, RS Sardjito dan Poltekkes Jogja itupun kuota vaksin udah penuh sampai pekan ketiga Juli 😭 Tentang PPKM ini insyaAllah aku bakal cerita di postingan lain. 


4 Jul: Alhamdulillaah biidznillah kami dapat kuota vaksin di Stasiun Tugu. Setelah vaksin alhamdulillaah kami berdua tidak ada keluhan apapun. 


6 Jul: Tes swab PCR sebagai syarat penerbangan, alhamdulillaah kami berdua negatif dan bisa pulang ke Medan


7 Jul: Pulang ke Medan dari Bandara YIA transit di Soetta lalu lanjut ke KNO


8-9 Jul: Aku ngegas beberes rumah, nyuci, bersihkan kamar mandi, dll


10 Jul: Abis maghrib aku berasa demam, tenggorokan kering kayak mau batuk, hidung tersumbat dan kepala pusing. Aku kira cuma mau batuk pilek biasa, jadi aku minum paracetamol dan banyak minum air hangat. Tengah malam aku menggigil kedinginan. 


11 Jul: Demamku masih belum turun, tenggorokan masih sakit, hidung pilek, badan sakit semua, kepala pusing. Aku masih ikhtiar dari rumah, minum paracetamol, madu, habbats, rimpang, air hangat, dsb. 


12 Jul: Demamku turun, tenggorokan masih sakit, hidung tersumbat dan penciumanku agak berkurang. Badan udah agak enakan ga pegel2 kayak sebelumnya. Udah bisa ngerjain pekerjaan rumah tangga, bahkan aku masak juga. Nah pas masak ini aku numis bawang putih kok aromanya tipis banget ya pikirku.. Aku harus bener2 dekatin hidungku ke depan wajan baru kecium aromanya, apa karena hidung tersumbat. 


13 Jul: Hari ini penciumanku bener2 hilang (anosmia), aku masih pilek dan tenggorokan masih sakit tapi ga sampai batuk. Aku udah menduga ini gejala covid tapi masih agak denial karena ngerasa habis divaksin kok masa covid sih.. Mas ery juga berusaha membesarkan hatiku utk tetap berpikir positif bisa aja karena kecapean. 


14 Jul: Aku ngajak mas ery untuk tes swab dan hasilnya terbukti aku positif covid mas ery negatif. Hari itu juga aku isolasi mandiri di rumah. Kami pisah kamar, kami pisahkan alat mandi, alat makan, pakaian kami, selalu semprot2 desinfektan. Malamnya karena pengaruh obat, tidurku ga nyenyak, aku merasa mual, berkeringat, bingung, pokoknya ga nyamanlah. 

Hasil tes swab antigenku, ada dua garis merah (+) 


16 Jul: Alhamdulillaah penciumanku mulai kembali, aku udah bisa membaui aroma2 tapi dalam jarak yg bener2 dekat jadi masih tipis2 lah, di situ aku terharu kaliiii.. Aroma pertama yg bisa kucium itu tumis pare, hahaha.. Karena pas aku lagi makan siang. Syukurnya selama sakit nafsu makanku masih baik, beda sama mamak bapak yg hilang nafsu makannya. Selama sakit aku ga masak, kami beli makanan siap santap aja. Memang semenjak hidungku tersumbat itu aku selalu hirup2 aroma minyak kayu putih dan parfum. 

Isolasi mandiri di kamar


19 Jul: Alhamdulillaah aku udah merasa sehat tapi sayangnya aku ga bisa ikut puasa Arafah karena masih ada obat yg harus aku minum siang hari. Mas ery puasa sendiri. Ba'da maghrib aku juga jadi mellow waktu dengar suara takbiran, oh jadi ini ya perasaan orang2 yg ga bisa berlebaran sama keluarga. 

Dibuatin pojokan berjemur sama eyipi


20 Jul: Kami sholat idul adha berdua di rumah, ga ada menu istimewa karena aku ga masak2 dan dilarang mas ery juga untuk repot2 masak. Mamak gak bisa nganterin makanan karena jalanan di Medan ditutup efek dari PPKM Darurat yg mulai dr tgl 7 Juli. Kalo mau diceritain detail rasanya sedih lah tapi ga mau aku pikirin karena takut mempengaruhi mood dan imun jadi turun. Hari itu aku cuma jajan croffle coklat dan ngemil keripik yg dianterin tetanggaku. 


21 Jul: Aku batuk2. Sebenarnya secara fisik aku udah sehat; badan segar, penciuman baik tapi sayangnya aku jadi batuk. Entah ini karena efek makan coklat dan keripik aku ga tau juga. Padahal sebelumnya aku ga sampai batuk cuma tenggorokan kering aja jadi berasa agak sakit, setelah minum obat ya alhamdulillaah membaik. Tapi ternyata batukku makin dahsyat sampe bikin aku ga bisa tidur beberapa malam karena batuk yg frekuensinya sering dan durasinya panjang. Ditambah lagi aku pengidap asma, dada rasanya berat dan panas, nafas berbunyi ngik ngik. 


22 Jul: Giliran mas ery demam, tenggorokan sakit dan bersin2


23 Jul: Pagi2 dia laporan kalo ga bisa nyium aroma apapun jadi pagi itu kami langsung tes swab dan qadarullaah mas ery jadi positif covid karena tertular dariku. Sedih tapi kami memang udah siap sama kemungkinan ini karena bagaimanapun juga kami masih tinggal berdua serumah selama aku isoman. Aku masih batuk2.


23-29 Jul: Hari2 kami berasa gloomy dan ga semangat, suami positif covid istri sakit sakitan. Aku tau meskipun eyipi berusaha untuk ceria dia tu kepikiran banyak hal. Dia sering mengeluhkan kepalanya pusing dan berasa tegang. 


29 Jul: Karena batukku yg makin parah bikin aku ga bisa tidur, nafas berat dan sesak, dada panas aku tes swab lagi, alhamdulillaah hasilnya udah negatif. Hari itu aku buat janji dengan dokter speialis penyakit dalam. Aku diminta untuk foto thorax (rontgen bagian dada) untuk ngelihat ada infeksi atau ga di paruparu. Ba'da maghrib kami pergi ke Lab Pramita di Jalan Diponegoro. Labnya sepi sekali karena sudah malam. Memang dokter menyarankan untuk datang habis maghrib karena kalau siang pasti ramai orang dan gak bisa menghindari kerumunan. Begitu mengambil nomor antrian aku langsung dilayani, mendaftar lalu membayar biaya rontgen. Sekitar lima menit kemudian giliranku dipanggil ke ruang x-ray. Petugasnya perempuan, aku diminta melepas pakaian dan baju dalam bagian atas lalu mengenakan baju khusus pasien. Prosesnya cepat sekali, aku hanya diminta menempelkan dada ke alatnya lalu menarik napas dalam dan ditahan. 

Malam ini aku masih belum bisa tidur nyenyak, meskipun udah minum obat yg diberi dokter tapi aku masih batuk2 cukup keras. Ditambah lagi tiba2 aku ngalami mood swing dan gemetar, ntah karena pengaruh obat sesak atau gimana aku ga paham.. Rasanya malam itu aku mellow kali, nangis, berasa ga siap kalo hasil rontgen paruparuku ternyata ada infeksi dan sebagainya. 

30 Jul: Jam 10 pagi mas ery pergi ambil hasil rontgen sendirian. Hasil foto thorax disegel jadi aku ga berani ngebuka amplopnya. Jam 4 sore aku sama mas ery berangkat ke dokter spesialis penyakit dalam untuk baca hasilnya. Alhamdulillah.. Laa hawla wa laa quwwata illa billaah.. Paruparuku bersih, ga ada infeksi dan semacamnya. Dokter hanya menambahkan obat untuk rhinitisku biar pernapasan lega katanya. 

Hasil foto thorax


31 Jul: Mood kami berdua membaik, alhamdulillah.. Mas ery juga udah fit, gejala covidnya jauh lebih ringan daripada yg aku rasa. Dia bener2 kayak flu biasa hanya ketambahan anosmia saja. Penciumannya juga udah balik di hari keempat isoman. Aku banyak2 bersyukur dan bersabar atas apa yg kami alami belakangan ini. Merasa sedih atas musibah itu manusiawi yg penting ga merutuki takdir tapi diterima, bersabar.. Semoga ujian2 ini dapat menghapus dosa2 kami, aamiin.. 

Karena konsumsi obat dari dokter alhamdulillah biidznillah aku udah ga berasa sesak. Napasku ga bunyi ngik ngik lagi, dadaku ga berasa panas. Tapi tinggal PRnya nih batuk. Tenggorokanku rasanya masih gatal. Semoga segera membaik, pulih seperti sedia kala, aamiin.. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar