Minggu, 15 Maret 2020

Task 1 - GP3 - METODE GEMAR RAPI

Bismillah
Tujuan Hidup:
- Beribadah kepada Allah Subhana wa Ta'ala
- Mengumpulkan bekal amal shaleh untuk kehidupan abadi di surga dan meninggalkan maksiat
- Berkumpul dengan suami, orang tua, anak dan kucing-kucing peliharaan di surga
- Bermanfaat bagi orang lain dengan mengajarkan alquran

Tujuan Berbenah:
- Agar lebih banyak waktu untuk belajar agama; kajian adab, kajian kitab, tahsin alquran, tahfiz dan bahasa arab
- Mempersingkat waktu daily cleaning
- Memudahkan saat mencari barang
- Memaksimalkan fungsi barang hingga habis masa pakainya
- Rumah bersih, sehat dan lebih ramah lingkungan 

Motivasi:
- Mengurangi hisab pada hari akhir
- Memiliki waktu yang lebih banyak untuk belajar agama bersama suami
- Suami yang jauh lebih rapi
- Manajemen waktu

Mindset Lama yang Harus Aku Ubah:
- Selalu menunda mengerjakan sesuatu
- Menunggu segala sesuatu lengkap baru bisa dikerjakan
- Berharap ada orang lain yang akan membantu
- Berharap hasil yang sempurna ketika mengerjakan sesuatu jadi mudah kecewa jika tidak sesuai harapan
- Alon alon asal kelakon, mengerjakan apa saja dengan lamban sehingga menghabiskan banyak waktu

Mindset Baru:
- Kerjakan segala sesuatu sesegera mungkin (amal shaleh), jangan ditunda, belum tentu masih ada umur untuk melakukannya 
- Tidak perlu menunggu semua sempurna dan harus ada / lengkap untuk melakukan sesuatu. Berdayakan apa yang ada, be creative! Gali lebih dalam, berpikir lebih luas
- Kurangi bergantung pada makhluk, selama masih dapat dikerjakan sendiri jangan tunggu orang lain untuk melakukannya
- Boleh minta bantuan setelah sebelumnya dicoba dan saya sadari ga bisa melakukannya sendiri
- Kerjakan dengan sigap dan gesit agar tidak terlalu banyak membuang waktu dan waktu tersebut dapat dialokasikan untuk belajar agama

Kondisi saat ini, saat task ini dikerjakan (Ahad, 15 Maret 2020), kami baru saja pindahan rumah. Seperti pada umumnya orang yang pindahan, rumah masih berantakan dan banyak kardus. Barang-barang masih belum pada tempatnya. Namun momen ini adalah saat yang tepat bagi saya dan keluarga untuk berbenah lebih baik lagi, mengubah gaya hidup lama di rumah sebelumnya menjadi gaya hidup baru yang diharapkan lebih minimalis dan ramah lingkungan. Sebelumnya saya selalu direpotkan oleh kucing yang membuat berantakan; mainan, makanan, bahkan pasir litter box / tempat kotoran mereka sehingga waktu saya habis utk kucing-kucing saja

Kondisi Rumah Lama:
- Peralatan masak dan makan yang ternyata masih kebanyakan padahal sebelumnya pernah di-declutter
- Besek dagangan saya yang dibiarkan teronggok di sudut ruangan dan bikin banyak nyamuk
- Pakaian yang menggantung dan bikin banyak nyamuk
Kondisi Rumah Baru:
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, karena baru pindah clutter berupa kardus yang berisi berbagai jenis barang, kalaupun ada yang sudah disusun, hanya disusun asal saja oleh keluarga yang membantu dan saya maklum
Yang aku suka dari rumahku:
- Rumah lama: lebih mungil, dekat dengan orang tua, dekat dengan lapangan bola yang ramai.
- Rumah baru: lebih "kekinian" dan masih bersih, untuk sementara itu saja karena ini hari pertama saya di rumah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar