Sabtu, 24 Oktober 2015

Pancake Suka Suka

Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Assalaamu'alaykum..

Lama banget ya saya ga posting tulisan di blog, hadeeehh.. Beberapa waktu yang lalu saya sempat kena hipotensi, tekanan sistole diastole sampai pada angka 80/60. Pantes aja kepala saya berasa melayang gitu. Alhamdulillah sekarang tekanan darah udah normal :) Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT, aamiin...

Hari ini kebetulan jama'ah haji sedang wukuf di 'Arafah dan saat sekarang ini adalah salah satu waktu paling mustajab bagi jama'ah haji untuk berdoa. Ya Allah.. perkenankanlah hamba dan keluarga hamba untuk berkesempatan menunaikan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya. Aamiin...

Ini pada puasa ga? Hehe.. Pancake ini enak loh dibikin buka puasa, jadi kaya serabi, hihi.. Sebenernya ini proyek iseng saya dan sepupu waktu libur Idul Fitri 1436 Hijriah. Kami jarang bareng karena kesibukan masing-masing jadi sekalinya ngumpul dimanfaatkan untuk hal beginian. Biar makin akrab gitu.. Trus sepupu saya request agar pancake ini diposting di blog saya disertakan dengan step by step-nya.





Adonan pancake kami bagi tiga, sebagian diberi pewarna hijau dan coklat pasta trus dimakannya pake topping coklat yang dilelehkan. Saya pakai resep mba Mimie karena emang udah cocok sama pancakenya yang lembuuutt... Sayang kami pakai teflon yang agak gede jadi pancake yang dihasilkan agak tipis. Tapi emang dasarnya pancake ini udah enak, sampe besoknya kami bikin sarapan juga masih yummy.. masih empuk, saya letakkan aja di rice cooker dan pancake nya menul-menul lagi, hihi..

Pancake Lembuuutt...

Bahan:

  • 150 gr tepung terigu, ayak
  • 1 sdt baking soda (saya pakai baking powder 1/2 sdt)
  • 70 gr gula halus
  • 200 ml susu cair + 2 sdm air jeruk nipis, diamkan 15 menit
  • sedikit garam
  • 3 butir telur pisahkan putih dan kuningnya
  • 60 gr butter lelehkan
Cara membuat:
Kocok kuning telur, susu, gula dan garam





































 
Tuang tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder


aduk hingga bercampur rata


Tuang mentega yang telah dilelehkan, lalu aduk kembali


sementara itu di wadah yang lain, kocok putih telur hingga soft peak


sampai mengembang seperti ini



lalu campur kocokan putih telur dengan adonan tepung



udah diaduk rata adonannya jadi seperti ini, bisa dibagi untuk ditambah perisa pandan dan coklat


Tuang satu sendok sayur adonan pancake ke teflon yang telah dioles mentega, masak hingga keluar gelembung di permukaannya


Balik pancake lalu masak kembali hingga kecoklatan

Masak hingga adonan habis. Bisa disajikan dengan berbagai topping, seperti coklat, ganache, selai, atau sirup maple, sesuka Anda berkreasi. Selamat Mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar