Minggu, 12 April 2015

Puding Ubi Ungu

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu'alaykum

22 Februari 2015, saya dan rekan sekantor mengadakan rihlah (jalan-jalan/liburan) ke Bukit Kubu, Berastagi, Sumatera Utara. Kami berangkat pagi hari menggunakan bus pariwisata. Ini adalah piknik pertama saya selama bekerja di kantor. Namanya juga piknik pasti bawa bekal dong.. Dari hari Sabtu saya udah ditodong sama teman kantor, "mba Ayu, bawa kue yaaa...". Jadilah malam minggu itu saya bikin camilan piknik padahal itu kan jadwalnya kencan sama Takuya Kimura eh nonton dorama Jepang/Korea :p hehe...

Yang saya bawa saat piknik tuh kue mangkok ubi ungu, kukis speculaas, sama keripik pedas buatan emak. Nah, karena beli ubi ungunya buanyaak, setelah dikukus, dihaluskan, dan dibuat kue mangkok eh ternyata masih ada sisanya sekitar 300 gram. Jadi daripada ubinya nganggur di kulkas, saya olah jadi puding deh. Resepnya ngintip di blognya mba Ita DGK. Berikut resepnya..





Puding Ubi Ungu

Sumber: Mba Ita DGK

Bahan:

  • 1 sachet bubuk agar-agar putih
  • 300 gram ubi ungu kukus yang telah dihaluskan
  • 900 cc susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sdt esens vanili (bisa diskip)
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat:
  1. Blender ubi ungu dengan sedikit susu hingga halus, saring bila perlu.
  2. Tuangkan hasil blenderan ubi ke panci bersama susu cair, gula, garam dan esens vanili.
  3. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Matikan api, tunggu sejenak hingga uapnya berkurang, tuang ke cetakan puding yang telah dibasahi air sebelumnya.
  5. Dinginkan, kemudian masukkan ke kulkas karena dingin lebih maknyoooss.. hehe..




Udah gitu aja, gampang kan :D Bisa dibuat di hari libur untuk camilan keluarga. Manisnya pas, pudingnya lembut, dan ternyata ubi ungu ini juga banyak manfaatnya. Warnanya itu mengandung banyak antosianin yang baik sebagai antioksidan untuk melancarkan darah dan menghambat pertumbuhan kanker, trus seratnya juga baik untuk pencernaan. Tanpa diberi pewarna tambahan juga warnanya udah tjakeup, hihi.. Yuk ah, mulai biasakan diri untuk masak dan bikin camilan sendiri ketimbang beli di luar ^_^ InsyaAllah lebih sehat dan lebih terjamin kan..

Selamat mencoba :D
Wassalaamu'alaykum

Mdn, 12.04.15

_miyukotaque

4 komentar: