Sabtu, 18 Mei 2013

Spaghetti Bolognese a la Kadarnya :D



Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
PIV pulang ke Medan…!!! Alhamdulillaah… ^_^ Sahabat saya yang satu itu baru saja pulang dari kampung halamannya di luar Sumatera Utara untuk menemui kedua orang tua dan keluarganya dalam rangka birrul walidain. Dia kembali ke Medan (29 April) dengan wajah sumringah dan dengan seplastik oleh-oleh untuk saya. Ada sebuah buku, tiga buah souvenir, sebungkus kue bawang dan ah, sekotak chiffon cake buatan tangan Mbak Mimie Jasmin's Kitchen...!! Ini yang saya sebut “kebahagiaan”, bertemu sahabat dan diberi banyak oleh-oleh. Hihi..

Untuk menyambut kedatangan PIV, saya membuatkannya Spaghetti Bolognese. Kenapa spaghetti? Saya ingat beberapa bulan sebelum keberangkatannya beliau mengajak saya untuk membuat spaghetti bolognese namun belum kesampaian hingga dia pergi. Jadi, inilah spaghetti bolognese sederhana a la kadarnya ^^…



Spaghetti Bolognese
Sumber: modifikasi sendiri

Bahan:
-          ½ pak spaghetti
-          600 mL air untuk merebus spaghetti
-          1 sdm minyak
-          ½ sdt garam

Saus Spaghetti:
-          2 buah tomat ukuran besar, kupas kulit dan buang bijinya
-          1 buah bawang bombay ukuran sedang
-          1 siung bawang putih
-          ½ butir pala, haluskan
-          1 sdt lada hitam bubuk
-          5 sdm saus tomat botolan
-          3 sdm saus cabai botolan
-          ½ sdt garam
-          1 sdt gula
-          2 sdm minyak
-          1 sachet kornet sapi
-          50 mL air
-          1 sdt oregano
-          Keju parmesan atau cheddar secukupnya untuk taburan

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga harum kemudian tambahkan daging kornet, tumis hingga matang.
  2. Tambahkan tomat, aduk rata. Bumbui dengan pala, lada hitam, saus, gula dan garam.
  3. Jika agak kering tambahkan air. Tes rasa. Tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
  4. Taburi dengan oregano, aduk. Matikan api. Sisihkan.
  5. Didihkan 600 mL air, tambahkan minyak dan garam, rebus spaghetti hingga al dente (kurang lebih 10 menit). Tiriskan.
  6. Sajikan spaghetti dengan siraman saus dan taburan keju parmesan (saya menggunakan keju cheddar).


Alhamdulillaah PIV gembira ketika oleh-olehnya saya “barter” dengan sebuah kotak bekal berisi spaghetti bolognese. Lantas kami pun sama-sama menikmati makan siang di Kantin Perpustakaan USU sembari bertukar cerita. Ah kawan, kau tau, persahabatan memang selalu indah berapapun bilangan usia kita :D
Wassalaamu’alaikum..

Mdn, 10.05.13

miyukotaque_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar