Sabtu, 18 Mei 2013

Banana Yogurt Bread



Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
“Akhirnyaaaa…” itulah kata yang terucap ketika saya menghadapi bahan-bahan untuk membuat Banana Yogurt Bread ini. Sudah lama saya mem-bookmark resep ini dari blog Dapur Vanilla Kak Icha, foodie blogger asal Medan, namun sayangnya baru dapat terealisasi Mei ini. Kebetulan sekali di rumah banyak pisang lilin (sebagian orang menyebutnya pisang uli) dari uwak saya yang sudah hampir benyek karena kelamaan tidak diolah. Jadilah Sabtu ini saya uplek di dapur dan untuk pertama kalinya saya baking menggunakan butter.

Agak norak ya.. hihi.. iya jujur saja, saya masih sangat pemula dalam hal cooking dan baking. Selama ini saya lebih sering menggunakan margarin atau minyak bila membuat cake ataupun sejenisnya. Alasannya karena mentega tidak dijual di warung-warung dan hanya ada di pasar swalayan atau TBK dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Namun belakangan ini passion saya dalam dunia gastronomi sangat meletup-letup. Saya ingin belajar, mencoba semuanya. Saya nekad menyisihkan uang untuk membeli mentega yang ternyata tidak terlalu mahal seperti anggapan saya sebelumnya. Pilihan mentega jatuh ke pada merek Anchor netto 227 gram harga Rp 22.000,00 dan yang utama ada label HALALnya :D

Karena belum pernah membuat olahan cake dan sejenisnya menggunakan butter, saya banyak bertanya kepada Kak Icha tentang teknik pembuatannya. Makasi banyak kak #hug :D Cake-nya moist dan agak padat karena dibuat menggunakan teknik butter cake. Resep aslinya dari blog luar negri, menggunakan 1 cup gula namun saya mengikuti Kak Icha yang hanya menggunakan 150 gram gula halus. Menurut saya masih kemanisan karena saya tidak begitu menyukai rasa manis. Hehe..

Berikut resepnya saya ketik lagi ya.. Sekalian saya belajar menulis resep dalam Bahasa Inggris.


Banana Yoghurt Bread
Source: Dapur Vanilla

Ingredients:
-          115 gram salted butter
-          170 gram all purpose flour
-          150 gram sugar
-          2 eggs
-          3 mashed bananas (I used four bananas)
-          1 cup plain yoghurt  (I used Biokul Plain Yoghurt 100 mL)
-          1 tsp Baking Powder
-          ½ tsp Baking Soda
-          Cheddar cheese or choco chips as you want

Methods:
  1. Cream the butter with sugar until smooth, pale, and fluffy.
  2. Sift together the flour, baking powder and baking soda into separated bowl.
  3. Beat in eggs one at a time and mix until smooth.
  4. Add in yoghurt and mashed bananas, mix well.
  5. Slowly whisk the dry ingredients into the wet ingredients.
  6. Mix the batter with low speed or you can use rubber spatula.
  7. Pour the batter into the prepared loaf pan (I had salved it using butter)
  8. Sow the grattered cheddar cheese.
  9. Bake for about 50 minutes or until a cake tester placed in the centre of the loaf comes out clean.
  10.  Let it rest in pan for ten minutes then turn out onto a rack to cool.

fresh from the oven ^^ look at the crack..!

Banana Yogurt Bread ini cukup mudah dibuat, namun sayangnya bukan favorit saya. Mungkin karena penggunaan butter dan yogurt sehingga aroma susunya terasa sekali dan membuat saya eneg. Saya cukup makan seiris dan selebihnya saya bagikan ke para tetangga. Bagaimana dengan emak dan bapak? Yah.. sayangnya mereka juga tidak doyan. Hehe…

Barangkali ada yang heran ya, mengapa cake ini disebut “bread” padahal aslinya “cake”. Jadi, di luar negeri (benua Eropa dan Amerika) menyebut cake yang dipanggang menggunakan loyang loaf sebagai bread meskipun dalam proses pembuatannya tidak menyertakan ragi. #sok pintar, hehe… Secara keseluruhan cake ini enak, moist, dan harum, patut dicoba para cooking adventurer. Hallaahh… hehe..
Selamat mencoba..!! wassalaamu’alaikum.

Mdn, 04.05.13

miyukotaque_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar