Selasa, 16 April 2013

LatBar KULKAS 3 - Pempek


Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
Akhirnya saya bisa menuliskan review mengenai Latihan Bareng (LatBar) KULKAS yang ketiga. LatBar kali ini diadakan di kediaman kak Yolanda Sari, 24 Februari 2013 (sudah lama, kan?). Menurut kesepakatan, kami akan belajar membuat pempek dan saya diamanahkan sebagai “tutor” pempek. Wah… saya sempat cemas jikalau tidak menghasilkan pempek yang enak karena saya baru dua kali membuat pempek berbahan ikan gabus dan sekali membuat pempek dos.

Minggu, 24 Februari 2013
Sejak pagi saya sudah sibuk di dapur (gayaaaa.. :p), saya berencana membawa buah tangan berupa klepon labu kuning. Resepnya saya dapatkan dari blog mbak Analisa Ummu Abel. Tapi karena waktu yang terbatas saya tidak sempat mengambil fotonya sebagai bukti :(. Oya, malam sebelumnya saya telah menyiapkan cuko pempek. Cuko ini dibuat terlebih dulu agar rasanya lebih mantap. Berdasarkan pengalaman, cuko yang “menginap” rasanya jauh lebih enak daripada yang baru dibuat saat akan disantap. Barangkali bumbu-bumbunya telah menyatu dengan baik dan asamnya pun lebih terasa.


Pukul sembilan saya berangkat dari rumah. Perjalanan nyaris membutuhkan waktu dua jam karena sulitnya mendapat angkot saat Minggu pagi di kota Medan. Ditambah lagi saya sempat kesasar. Sampai di sana saya agak tidak enak hati karena beberapa teman telah menunggu. Tanpa berlama-lama kami langsung menuju dapur kak Yo. Saya, kak Rhini, dan kak Teris membersihkan ikan lalu mencincangnya. Yang lain mempersiapkan bumbu di bawah arahan saya (agak sombong ya.. haha.. :D peace..). Alhamdulillaah latbar kali ini cukup banyak yg hadir, total ada sembilan orang.

Berikut resep pempeknya. Saya menggunakan resep dari mbak Mimie, one of my best cyber sister. Hihihi…



Pempek a la Jasmin’s Kitchen
Bahan:
-          500 gr ikan ambil dagingnya
-          150 gr terigu
-          450 gr tapioka
-          400 ml air mendidih
-          1 bonggol bawang putih
-          1 butir telur
-          2 sdt garam
-          1 sdt merica

Cara Membuat:
  1. Haluskan bawang putih, telur, garam dan merica. Campurkan dengan ikan yang telah dihaluskan.
  2. Campur terigu dengan air mendidih hingga menjadi adonan seperti bubur. Tuang ke campuran ikan.
  3. Tambahkan tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
  4. Setelah adonan bisa dibentuk, Anda dapat berkreasi sesuka hati dengan adonan pempeknya. Adonan pempek bisa diisi dengan kuning telur dan jadilah pempek kapal selam.
  5. Rebus pempek hingga mengapung. Air rebusan ditambahkan dengan sedikit minyak agar pempek tidak lengket satu sama lain.
  6. Goreng pempek hingga semu kecoklatan.

pempek yang telah direbus dan siap digoreng


Cuko Pempek a la Saya
Bahan:
-          1200 mL air
-          300 gr gula merah/gula aren disisir halus
-          75 gr cabe rawit
-          8 siung bawang putih
-          3 sdm ebi seduh dengan air panas
-          3 sdm asam jawa
-          1 ½ sdt garam

Cara Membuat:
  1. Haluskan cabe, bawang putih dan ebi.
  2. Jerang air dalam panci, masukkan bumbu halus dan gula merah. Aduk hingga gula larut.
  3. Masukkan asam jawa dan garam. Aduk.
  4. Tes rasa. Tambahkan gula pasir, garam atau asam jika rasa kurang pas.
  5. Matikan api jika sudah mendidih.
  6. Saat akan disajikan saring cuko pempek.

Saat latbar kami menggunakan 500 gram ikan tenggiri dan 500 gram ikan kakap. Dikarenakan saya selalu gagal bila membuat pempek kapal selam dan tidak ingin menanggung risiko jika gagal saat latbar, maka sayapun hanya membuat pempek bentuk lenjer dan bulat (adaan). Teman-teman yang lain bereksperimen dengan pempek mereka, ada yang membuat bentuk heart, cube, bahkan adik ipar kak Yo (Hanan, kelas IV SD) ikut berkreasi membentuk manusia salju, hihi..

Alhamdulillaah teman-teman cukup puas dengan hasilnya apalagi dengan cuko pempek buatan saya (hidung kembang kempis, hihi..). Meskipun saat proses pembuatan pempek kami nyaris lupa memberi garam pada adonan. Sebenarnya ini kali pertama saya membuat pempek dengan resep mbak Mimie. Biasanya saya menggunakan resep dari buku Variasi Pempek dan Siomay terbitan Demedia. Namun entah kenapa saat itu saya lebih prefer ke resep Mbak Mimie.




makan bareng

dibagi-bagi dan siap dibawa pulang

Barangkali ini saja yang dapat saya tuliskan mengenai latbar KULKAS ketiga. InsyaAllaah jika ada kelapangan waktu saya akan me-review latbar keempat yang diadakan di rumah saya ^_^
Wassalaamu’alaikum..

Mdn, 15.04.13
miyukotaque_

6 komentar:

  1. wah, mba ayu yang mana ya?
    kayaknya.... yang pake pashmina biru ya...???
    hayo ngaku... pasti aku dapet hadiah deh...
    hehhehehe....

    BalasHapus
  2. Huhuhu.. Bukan bunda.. >< itu teman saya. Dikasih clue yah.. Saya pake kacamata :)

    BalasHapus
  3. weee... Kl gitu.... Yg krudung coklat yaaa???
    Hayo ... Bnr toh...

    BalasHapus
  4. Saya tau saya tau...
    ^_^

    BalasHapus
  5. yang pake jilbab biru itu siapa?

    BalasHapus
  6. bagi donk....
    salam kenal

    http://betaonlineshoptermurah.blogspot.co.id

    BalasHapus