Selasa, 16 April 2013

Cheese and Chocolate Steamed Cake


Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum..
Alhamdulillaah.. akhirnya saya dapat mem-posting entry terbaru di blog abal-abal ini :)
Entah kenapa komputer saya “berjalan” sangat lambat :(. I dunno why, barangkali karena pergantian harddisk yang sempat dialami si Bleki Februari yang lalu. Saya hanya bisa berharap (sembari mengelus CPU si Bleki) agar ia baik-baik saja hingga saya menyelesaikan proyek skripsi tahun ini. Aamiin Yaa Rabb..

Entry kali ini adalah Cheese and Chocolate Steamed Cake. One of my favourite cake ever. Saya dapatkan dari blog mbak Endang JTT dengan judul asli Kek Kukus Lapis Coklat Keju. Pergantian judul hanya untuk sounds cool saja, hihi.. :D Saya sudah beberapa kali membuatnya, selain simpel karena diolah dengan cara dikukus, bahan-bahannya pun insyaAllaah selalu ada di rumah. Hasilnya sangat memuaskan bagi saya; lembut, tidak terlalu manis, dan perpaduan coklat keju selalu jadi juara :D. Menurut mbak Endang, resep asli yang diperolehnya dari sebuah buku resep menggunakan lima buah kuning telur dan tiga putih telur namun beliau hanya menggunakan empat butir telur saja. Saya pun mengikuti langkah beliau :D

Berikut resepnya…




Cheese and Chocolate Steamed Cake

Bahan I:
-          4 butir telur
-          ½ sdt SP
-          125 gr gula
-          60 gr terigu
-          15 gr maizena
-          3 keju slice

Bahan II:
-          35 gr margarin (bisa diganti dengan minyak)
-          50 gr DCC, lelehkan dengan margarin

Bahan III:
-          35 gr margarin, lelehkan
-          50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi panjang ukuran 30x10x4 cm, olesi dengan minyak, alasi dengan kertas roti, lalu olesi kembali kertas roti dengan minyak.
  2. Kocok telur, gula, dan SP hingga putih mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, aduk rata dengan spatula atau mix dengan low speed.
  4. Bagi adonan menjadi dua. Campur masing-masing adonan dengan bahan II dan III.
  5. Tuang adonan coklat ke loyang, kukus adonan kurang lebih 15 menit menggunakan kukusan yang telah dipanaskan dan beruap banyak.
  6. Setelah 15 menit, susun keju slice di atas adonan coklat kemudian tuang adonan keju dan kukus kembali 15 menit.

Mudah bukan? ^_^ Dan yang paling penting rasanya enak, hihi… oya mohon maaf jika kualitas fotonya tidak terlalu bagus. I always do my best that I can do with my smartphone camera. Foto yang di atas telah saya edit sedemikian rupa agar terkesan low-light photography nya. Hihihi.. agak maksa ya.. :D

Wassalaamu’alaikum..


Mdn, 13.04.13
miyukotaque_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar