Sabtu, 17 Juli 2021

Donor Darah Pertama Kali

(Tulisan ini sebenarnya sudah selesai dari April 2021 namun lupa aku posting hehehe) 


Bismillah

Sekitar beberapa hari lalu eyipi ngajakin hari Sabtu ini (3 April) untuk sarapan di dapuraja. Jadi rencananya begini: belanja sayur --> sarapan di dapuraja --> beli mangkok di brewsuniq. Tapi ya namanya aja rencana kadang ada yang meleset, hehehe.. Karena Sabtu Bu Sri ga dateng aku baru selesai beberes rumah sekitar jam 8 pagi. Jadi aku bilang ga jadi belanja langsung aja ke dapuraja. Sampai di dapuraja karyawannya pada nyusun kursi tambahan di halaman dan ada mobil PMI (Palang Merah Indonesia) di depannya. Ternyata hari ini mereka ngadain acara donor darah. 

Eyipi langsung tertarik mau ikut donor. Beliau memang udah beberapa kali jadi pendonor darah. Biasanya tiap acara Muslim Berdedikasi di Mesjid Al Jihad Medan. Aku juga jadi mau coba ngerasain donor darah. Jadi selesai sarapan kami langsung daftar. Ini pengalaman pertamaku jadi aku agak grogi di awal. Tapi ternyata ga menakutkan sama sekali dan prosesnya cukup cepat.

Pertama, aku diminta isi form pendaftaran. Yang harus diisi data standar macam di KTP. Kedua, tekanan darahku diperiksa sambil petugasnya ngasih pertanyaan2: udah pernah donor belum, kalau sudah pernah kapan terakhir kali donor darah, dalam waktu sebulan ini ada dirawat inap di rumah sakit ga, dalam waktu tiga hari ini ada konsumsi obat ga, dalam waktu setahun ini ada melakukan vaksinasi ga, kapan terakhir kali dapat haid. Alhamdulillaah tekanan darahku normal 120/80, alhamdulillaah aku ga pernah dirawat inap, ga ada konsumsi obat2, ga melakukan vaksinasi juga jadi aku bisa ke tahap selanjutnya. Ketiga, pemeriksaan golongan darah, rhesus dan kadar hemogoblin. Alhamdulillaah kadar hemogoblinku bagus jadi aku bisa langsung menuju tempat pengambilan darah.

Aku masuk ke ruangan khusus pendonor wanita. Di situ udah ada seorang petugas wanita yg menunggu. Aku jadi pendonor wanita pertama. Kakak itu minta aku baring sambil tanya udah pernah donor apa belum. Kubilang ini pengalaman pertamaku. Dia bilang untuk tarik napas ketika dia kasih aba-aba. Aku langsung dipasangi alat tensimeter, lengan kiriku berasa kencang karena tekanan. Pembuluh darahku langsung kelihatan, sambil menyeka tanganku menggunakan tisu yg udah dicelup alkohol, kakak petugas memberi aba-aba untuk tarik napas.

Cussss... Terasa perih sedikit waktu jarum menusuk pembuluh darah. Tanganku diganjal bantal kecil dan diminta untuk ga bergerak dulu. Aku lirik jam tangan, jam 10:19 WIB. Awal masuk ke ruangan aku masih ditemani eyipi, setelah jarum dipasang eyipi langsung ke luar. Daripada diem2 aja aku ajakin kakak petugas ngobrol. Dari obrolan aku jadi tau kalau golongan darah rhesus negatif kebanyakan dari orang2 India dan Australia. Di Indonesia sangat langka, bisa ditemukan pada perkawinan beda ras tapi itupun kemungkinannya kecil. 

Aku juga jadi tau ternyata di Medan ini bank darah itu lokasinya di PMI Jalan Perintis Kemerdekaan. Kakak petugasnya cerita selama ini banyak orang yang "kesasar" mau ambil darah ke PMI Jalan Palang Merah, padahal di situ cuma kantor pusat bukan bank darah. Petugas PMI juga rutin mendonorkan darah tiap dua bulan sekali terutama petugas laki2. Aku langsung kepo, "loh yang perempuan ga rutin kak?" Kakaknya jawab yang perempuan kebanyakan underweight, minimal 48kg dan mereka beratnya di bawah itu. Mereka juga terbentur sama siklus haid dan jadwal jaga malam sehingga sering kurang tidur dan tekanan darahnya ga stabil. Aku dengerinnya sambil ingat masa lalu, wkwk... Zaman kuliah pengen ikutan donor darah di kampus dalam rangka HUT FISIP tapi ga memenuhi standar karena BBku zaman kuliah berkisar di 38-39kg 😅

Asik ngobrol tiba2 kakak petugasnya menghentikan proses donor. Alhamdulillaah.. Ternyata donor darah selesai. Sudah terkumpul kantung darah 350cc. Pada saat proses pengumpulan darah ga terasa sakit sama sekali. Biasa aja gitu, cuma kaku sedikit karena ga boleh gerak. Aku liat jam 10:26 WIB, masyaAllah.. Prosesnya ternyata lebih cepat dari dugaanku. Dari proses pemasangan selang darah sampai selesai hanya butuh waktu sekitar 7 menit. Kata petugasnya, darah yang lebih dari 12 menit udah ga bisa diproses lagi. Jadi harus kurang dari 12 menit. Terasa perih lagi waktu jarumnya dicabut. Aku dipakaikan plester utk luka. Dan disuruh berbaring dulu jangan langsung bangkit.

Selesai donor kami diberi kupon lunch box Dapuraja dan goodie bag dari PMI. Goodie bag-nya berisi susu coklat, teh kotak, biskuit dan hand sanitizer. Kupon lunch box langsung kami tukar karena kami harus pergi ke tempat lain. Alhamdulillaah aku tidak merasakan pusing ataupun lemas. Hanya saja tangan kiriku terasa pegal sedikit. Bekas tusukan jarum juga tidak sakit atau perih, biasa aja gitu.. Terasa perih saat ditusuk dan dicabut saja.


Goodie bag dari acara donor darah

Sore harinya aku dikirimi pesan terima kasih dari PMI via WhatsApp, ada pengingat juga jadwal donor berikutnya tanggal 2 Juni 2021. Ahad sore aku agak kaget karena di lengan dekat tusukan jarum jadi membiru lebam gitu tapi ga sakit sama sekali. Setelah diingat2, selesai donor aku langsung menenteng barang dgn tangan kiri sedangkan harusnya selesai donor lengan tidak boleh digunakan utk melakukan pekerjaan berat. InsyaAllah bukan hal yg harus terlalu dikhawatirkan. Hari ke hari lebamnya mulai menghilang. Aku cek tepat dua minggu lebam di tanganku menghilang tidak meninggalkan bekas sama sekali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar