Jumat, 27 Desember 2013

Risoles Isi Tumisan Jamur Kuping


Bismillahirrohmaanirrohiim.

Assalaamu'alaikum..



Mumpung saya lagi rajin (ehheem) dan di kantor juga gak banyak kerjaan jadi saya mau posting lagi aah... hehe.. Risol ini saya buat untuk setoran Monthly Event Pawon Ibu. Karena temanya sajian dari jamur jadi isiannya saya campur potongan jamur kuping yang krenyes krenyes deh.. :D




Sebenernya banyak resep olahan jamur yang pengen saya coba, tapi karena saya yang (sok) sibuk belum sempat uprek di dapur. Waktu itu saya pengennya sih buat nugget dari jamur, eh udah semangat membara berapi-api ternyata jamur tiramnya gak ada di warung. Batal deeh.. Nah, kebetulan saat saya disuruh emak belanja ke warung ada jamur kuping ini, saya beli 50 gram doang seharga Rp 4000,00 hehe... Resep kulit risolnya saya pake punya mbak Hesti, udah cocok sih.. Tapi yang ini saya kelupaan susu kental manisnya, tetep enak kok, hehe... *apologi* :p

Risoles Isi Tumisan Jamur Kuping

Resep Kulit

Bahan: 
  • 100 gram terigu
  • 1 butir telur
  • 250 ml air dingin
  • sejumput garam
  • 1 sdm minyak goreng
Bahan Isian:
  • 25 gram jamur kuping, bersihkan, rendam air panas, potong kecil-kecil
  • 1 batang wortel ukuran kecil, potong kotak-kotak
  • 1 buah kentang, potong kotak-kotak
  • 2 siung bawang putih*
  • 1 siung bawang merah*
  • 1 sdm (peres) ebi*
  • 1/2 sdt merica*
  • 3 buah cabe rawit*
  • gula dan garam
  • minyak untuk menumis
Cara Membuat:
  1. Haluskan bumbu yang diberi tanda *
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum
  3. Masukkan wortel dan kentang, tambahkan sedikit air, aduk-aduk hingga sayuran empuk
  4. Masukkan jamur kuping, tambahkan gula dan garam, tes rasa.
  5. Aduk sebentar lalu angkat dan sisihkan.
  6. Kulit: Campur semua bahan kecuali minyak, aduk, saring lalu campur dengan minyak goreng.
  7. Dadar menggunakan teflon.
  8. Isi kulit dengan tumisan jamur, gulung, celupkan ke kocokan telur (saya menngunakan larutan tepung dengan air) lalu gulingkan ke tepung panir.
  9. Goreng hingga kuning kecoklatan.




Bisa dibilang foto risol kali ini adalah come back-nya saya di dunia dapur dan food photography (eleuh..) karena lebih dari sebulan saya gak ada masak dan motret makanan. Untuk motret risol ini aja saya beneran kewalahan mau pake properti dan styling seperti apa, ya jadinya close up doang, hihi..

5 komentar:

  1. makin keren euy fotonya...
    kayak kompakan mbak mimie bikin sosis solo... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbak.. wah.. yang muji senior nih, :3
      sosis solo masuk list nih mbak :D

      Hapus
  2. Hmmmm... jgn bilang sp2 ya ayu.... aku lom pernah tau rasanya jamur kuping lho...
    Hehehe... sssssssttt......

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak, saya gak bilang ke siapa-siapa kok *ngumpetin toa* :p

      Hapus
  3. cobain resep risoles jamur mayo ku mbak.. dijamin nyumm.. http://windira-blue.blogspot.com/2015/02/risoles-jamur-mayo.html

    BalasHapus